Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 April 2017

Belajar Hidroponik Secara Sederhana



Hari ini, 5 April 2017: Secara mendadak saya mendapat undangan WA dari pakar hidroponik, Bu Ngesti Setyo Murni, "Ada workshop tentang belajar Hidroponic secara sederhana dan Anggrek di BSD" Jam 13.00. Padahal WA diterima sekitar jam 11.00 Beruntung tidak ada acara dan urusan sudah selesai. 

 Lokasi acaranya di Rumah Pintar, Jl.Griya Loka Kolam Renang SEktor 13, BSD. Agak sedikit molor dari jam yang ditentukan. Acaranya dimulai pukul 13.30




Rupanya para ibu-ibu peserta workshop telah membawa botol Aqua ukuran 100 ml. Sedangkan saya karena datang secara mendadak. TIdak membawa apa-apa. Ibu Ngesti Setyo Murni diperkenalkan oleh pengundang dari SMART. Lalu Bu Ngesti memberikan penyuluhan secara langsung.


 1. Botol Aqua dipotong jadi dua. Yang di atas dipotong l/3 dan dibawahnya 2/3.

 2. Boto Aqua yang di atas dengan ukuran lebih besar dari yang diatas , diisi dengan media dan tanaman yang sudah jadi Dimasukkan media yang teridir dari : Sekam Bakar, kokopit (padi); Kompos dengan ukuran masing-masing 1:1:1 

3. Botol Aqua yang diatas dilengkapi dengan sumbu (sumbu itu dibuat simpul; dan dimasukan ke dalam air untuk membasahi)

 4. Botol Aqua yang di bawah diisi dengan air Ditambahkan nutri A mix (1 cup ) dan nutrisi B mix (1 cup) Berhubung IBu Ngesti sudah membawa tanaman kangkung yang sudha jadi maka kangkung itu tinggal meletakkannya di atas botol .

 Namun, jika kita belum punya tanaman yang sudah jadi , harus membuatnya di tempat media. Siapkan biji dan taburkan di tempat media yang terdiri dari 3 macam itu. Lalu berikan air yang merata dengan spray. Setelah 2 hari baru berikan nutrisi. Ketika tanaman sudah memiliki akar, barulah tanaman itu dipindahkan ke botol yang paling atas. 

Fungsi dari sumbu itu adalah untuk mengalirkan air dari bahwa ke atas .Untuk jelasnya dapat dilihat sebagaimana dalam gambar di atas.