Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

28 Februari 2016

Inovasi Terbaru Softex Daun Sirih



Sekarang ini, jadi perempuan aktif baik di luar rumah maupun di dalam rumah sudah jamak. Di luar rumah untuk bekerja, berorganisasi,kegiatan sosial, mengantar keperluan anak. Di dalam rumah, mengurus semua kebutuhan rumah tangga dari mencuci pakaian, memasak, menyetrika, mendidik anak-anak sampai mendampingi suami. 

Kegiatan yang extra luar biasa itu menjadi tugas rutin seorang perempuan disamping tugas utamanya sebagai karyawan/manajer / atau pejabat dari suatu instansi. 

Agar supaya stamina perempuan yang punya kegiatan extra banyak itu tetap kuat dan hebat, diperlukan konsumsi makanan yang sehat . Konsumsi makanan sehat itu sangat bermanfaat dalam rangka menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh . Makanan sehat yang baik bagi tubuh kita adalah makanan yang alamiah di sekitar kita. Banyak makanan alami yang mengandung vitamin A,B,C atau D. Sebagai contoh minum tiap pagi air perasan lemon yang memang telah saya praktekan, selain baik untuk pencernaan makanan juga untuk antioxidan vitamin C yang tinggi. Disamping asupan makanan yang alami, diperlukan juga pola hidup sehat untuk menyeimbangkan antara working –relaxing time. Dalam tubuh sehat , ada jiwa yang sehat. Jika tubuh kita sehat tidak mudah diserang oleh penyakit menular atau penyakit lainnya. 

Namun, rutinas atau aktivitas perempuan Indonesia itu sering terganggu dengan tamu bulanan atau yang disebut menstruasi. Tamu bulanan itu secara rutin datang . Ada yang tiap bulan, tiap tiga atau empat bulan sekali. Gangguan dari tamu bulanan itu akan dirasakan kurang nyaman . Ada hal-hal yang merasakan ketidak-nyaman tubuhnya atau fisiknya, ada pula yang merasa tidak nyaman dengan pembalut wanita yang dipakainya. 

 Pembalut wanita yang seharusnya membantu pada saat menstruasi, seringkali jadi momok bagi kaum hawa atau perempuan. Hal ini disebabkan tidak semua pembalut wanita memiliki unsur yang penting untuk kenyamanan pemakaiannya. Kesalahan pemilihan pembalut mengakibatkan akibat yang fatal bagi kesehatan sekitar vagina misalnya bau gatal, iritasi kulit dan lainnya. 

Ketidak-nyaman dalam pemakaian pembalut wanita seringkali disebabkan oleh ketidak pahaman tentang cara bagaimana penggunaan pembalut wanita. Untuk mencegah terjadinya infeksi sekitar vagina, perlu diperhatikan bahwa pemakaian pembalut wanita harus tiga jam lamanya. Artinya setiap tiga jam , pembalut harus diganti. Mengapa? Karena darah dari menstruasi yang mengalir itu adalah darah kotor. Jika tidak dibersihkan dalam waktu yang singkat akan menjadi tempat atau media subur bagi tumbuhnya kuman. Tetapi sekarang perempuan Indonesia tidak perlu khawatir dengan kondisi yang tidak nyaman atau infeksi karena salah pembelian pembalut wanita. 

 Dengan Softex Daun Sirih, yang merupakan pembalut pertama di Indonesia yang sangat higenis karena dilengkapi dengan pantyliner yang mengandung ekstrak alami daun sirih. Dengan adanya pantyliner yang mengandung daun sirih berfungsi sebagai antiseptik alami dari ekstrak daun sirih. Ekstrak daun sirih berasal dari turunan zat bernama Fenol yang disebut Kavikol. Keunggulan dari Kavikol adalah memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat dari fenol biasa. Keunggulan lainnya selain mengandung antiseptik, juga mengandung anti-jamur, antibakteri, pembunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan, penghilang bau tak sedap pada organ perempuan. Pertumbuhan bakteri pun dihambat dan mengurangi resiko timbul gatal dan iritasi. 

 Softex telah menemukan inovasi barunya yaitu Softex Daun Sirih. Cara kerja Softex Daun sirih memiliki permukaan senyaman bantal dan lapisan bersirkulasi udara, sehingga tidak lembab.Juga memiliki kemampuan menyerap dalam 1 detik sehingga permukaan tetap kering. Softex Daun Sirih menjadi pelindung terpecaya selama wanita menjalani masa menstruasi. 

Saat saya hadir di Workshop Fotography yang diadakan oleh Tabloid Nova. Saya mendapatkan banyak pembalut wanita Softex Daun Sirih sebagai goody bag. Berhubung saya sudah menopause, tidak menstruasi lagi maka saya penasaran untuk mengadakan survei kecil-kecilan dengan membagikan kepada teman-teman yang masih menstruasi maupun anak-anak mereka.
Softex Daun sirih / dokumen pribadi


googdy bags dari Softex Daun Sirih
 Ada 8 orang yang saya survei. Saya berikan sample dari Pembalut Wanita Sofex . Mereka menyatakan bahwa mereka belum pernah menggunakan pembalut ini. Yang mereka gunakan adalah merek atau brand lain. Lalu, setelah membagikannya. Mereka menggunakannya. 

Saya memberikan pertanyaan berikut ini:
  1.  Apakah mereka merasa lebih nyaman dengan pembalut wanita Softex Daun Sirih? 
  2.  Apakah mereka merasa lebih bersih dan tidak berbau jika menggunakan softex Daun Sirih? 
  3. Sejauh mana Softex Daun Sirih dapat melindungi atau mengurangi keresahan mereka dalam menjalankan kegiataan sehari-hari? 
  4.  Apakah mereka akan membeli Softex Daun Sirih jika produk ini membantu mereka? 

Dari 8 responden menyatakan/memberikan jawaban sebagai berikut: 
Untuk pertanyaan nomer 1:  Ya:  75% 
Untuk pertanyaan nomer 2:   Ya: 90% 
Untuk pertanyaan nomer 3:   Sangat membantu dan melindungi : 90% 
Untuk pertanyaan nomer 4:  Ya : 90% 

Berikut ini adalah tips agar perempuan Indonesia dalam menjaga vagina tetap bersih,steril:

  • Hindari pemakaian air panas,sabun batangan, sabun cairan. Gunakan sabun yang memiliki PH 3,5-4,5. Fungsinya untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak sehat dan memfasilitasi bakteri yang baik. Sebaiknya tidak menggunakan permbersih formula keras karena dapat mengganggu keseimbangan yang mengarah pada iritasi serta bau tidak sedap miss vagina
  • Gunakan semprotan feminin pada saat diperlukan, tidak digunakan setiap hari. Hal ini untuk mencegah masuknya bakteri jahat, terinfeksi.
  • Penggunaan pembalut yang rutin diganti tiap 3 jam sekali. Jika tidak diganti resiko untuk terkenan infeksi akan meningkat karena perubahan tingkat PH membuat daerah sekitar Vagina menjadi lebih lembab.
  • Cara membasuh dari depan ke belakang.Saat buang air kecil, dianjurkan untuk membasuh vagina dari arah depan depan ke belakang. Dengan cara ini resiko untuk infeksi berkurang karena bakteri tidak mudah masuk dari anus ke vagina. 
Mitos dan pertanyaan seputar haid sering ditanyakan tetapi tidak mendapat jawaban yang benar. Untuk itu saya mencoba mencari jawaban dari sumber yang dipercaya. Mengumpulkan dan meringkasnya supaya bermanfaat bagi kita semua tentang haid.
 


Olahraga:

  •  Apakah olahraga dapat dilakukan pada waktu haid?Jawaban: Setiap jenis kegiatan olahraga memiliki dampak baik, apakah pada saat haid maupun tidak. Olahraga itu untuk menbantu melepaskan hormon endorfin yang mampu mengurangi rasa nyeri dan kram ketika haid.
  • Apakah boleh berenang saat haid? Jawabannya:  Berenang tidak dilarang pada saat haid karena manfaat berenang adalah untuk meregangkan otot pada punggung dan sendi yang nyeri saat haid.   Hanya perlu diperhatikan sebaiknya berenang saat menstruasi akan berakhir dan gunakan pembalut baru pada saat akan berenang untuk menghindari infeksi  dan pembalut basah dan berair saat berada di air.Hentikan berenang dan olahraga lain ketika rasa tidak nyaman dan nyeri timbul.  Beristirahatlah.

  •  Apakah aman berenang di laut karena adanya ancaman ikan hiu?Sampai saat ini belum ditemukan adanya korban yang dimakan ikan hiu karena sedang haid. Faktanya ikan hiu itu memang tajam penciumannya, tetapi mereka hanya cenderung tertarik darah ikan dan organik lainnya.  Namun, untuk menghindari bahaya, lebih baik berenang di zona nyaman.


Mandi:

  • Apakah mandi hangat itu itu dapat memperbanyak haid?Tidak ada relevansinya dengan air hangat dengan menstruasi karena menstruasi tidak dipengaruhi dengan faktor external seperti suhu air panas.  Air panas memicu pelebaran pembuluh darah dibawah kulit sehingga terasa lebih relax, tetapi tidak mempengaruhi sirkulasi darah di dalam organ
  • Apakah boleh keramas saat haid?Mencuci rambut adalah bagian dari kebersihan tubuh.  Tidak ada korelasi atau hubungan antara mencuci rambut dengan menstruasi.  Cucilah rambut supaya bersih,segar dan mencegah berbagai penyakit

Tidur:

Dianjurkan agar pada saat haid tidur secara normal, tidak berlebihan. Kecuali jika menderita sakit kepala yang disebabkan anemia.  Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan suplai oksigen sehingga kita terus mengantuk. Diharapakan istirahat dan beraktivitas seimbang agar tubuh tetap fit dan segar.

Gangguan tidak bisa tidur menjelang menstruasi disebabkan karena sindrom pramenstruasi.  Untuk itu buatlah teknik relaksasi sebelum tidur, melakukan meditasi,yoga dan menghidari makan satu jam sebelum tidur.



Mari wanita Indonesia yang memiliki segudang aktivitas, tak perlu khawatir lagi dengan gangguan menstruasi anda karena ada Softex Daun Sirih yang siap melindungi Anda dengan nyaman selama bekerja. Sehat,bersih dan Wangi jadi hal utama pada saat menstruasi.

Tulisan ini diikut-sertakan dalam Lomba Blog Competiton Softex Daun Sirih, Lebih Bersih dan Sehat #BersihSehatBebasWorry
 



Sumber referensi:
  • Softex Indonesia ,  www.softexindonesia.com
  • Hasil Studi Omnibus 2014
  • http://;www.yudhe.com/manfaat-daun-sirih-untuk-kesehatan-dan-pengobatan/
  • doktersehat.com