Dukung Pelindo Bersatu Demi Suksesnya Indonesia Jaya


 
 
Selayaknya Indonesia sebagai negara maritim terbesar, punya potensi perdagangan antar pulau untuk menguasai infrastruktur laut. Aktivitas perdagangan dengan logistiknya  melalui Pelabuhan yang dioperasikan secara efisien, akan menghilangkan disparitas harga barang pokok dan mengurangi kesejangan harga antara Indonesia barat dan timur karena biaya logistik  yang tinggi,
 
Pelindo Bersatu, Indonesia Jaya
Source: Arvis et a1

 
Presiden Jokowi mencanangkan adanya program “tol laut”. Sayangnya hal ini belum bisa terwujud atau teralisasi secara penuh karena dalam laporan "Global Competitiveness 2017-2018", Indonesia masih masuk tingkat ke-4, dalam kualitas infrastuktur pelabuhan diantara negara-negara Asean ( dibawah Singapore, Malaysia, Burnei Darussalam dan Thailand).
 
Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki  70 pelabuhan, baik sebagai pelabuhan komersial dan   pelabuhan non komersial.  Terdapat pelabuhan-pelabuhan  milik  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang disebut sebagai PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I,II, III dan IV.
 
Sekaran ini, di era perdagangan internasional yang makin padat, pelabuhan di Asia Tenggara selalu bersaing agar dapat meningkatkan ekonomi masing-masing negara. 
 
Pentingnya sebuah pelabuhan bukan sekedar dari  segi fasilitator perdagangan namun, sebagai penyedia kegiatan yang ada nilai tambahnya.. Jika kita fokus kepada pembangunan dan perkembangan pelabuhan hasilnya akan meningkatkan aktivitas perdagangan , juga  logistik baik lokal maupun barang asing dari luar negeri  dan mengurangi biaya logistik.
 
Sejak tahun 2008 Pelindo bukan sebagai “Port Authority”, tetapi bertindak sebagai operator pelabuhan dan penyedia jasa Pelabuhan. Untuk memenangkan kompetensi yang tinggi antar pelabuhan, . salah satunya dengan mengurangi atau mengeliminir  masalah klasik 
 
Pelabuhan Indonesia kalah bersaing dengan negara tetangga . Pelabuhan di negara barat memiliki “shift port facilities” yang mampu melayani dari area terluar dari sebuah kota metropolitan mengubah menjadi “Global Hub Cities", sehingga besarnya permintaan pun dapat dilayani dengan baik dan cepat secara terintegrasi untuk kargo impor dan expor. 
 
Konektivitas antara tempat industry dengan pelabuhan mudah dijangkau dan tidak ada hambatan. Hal lainnya adalah focus pada facilitas Pelabuhan baik itu dikategorikan sebagai komponen “hard data and soft components”. 
 
Peralatan soft component seperti konektivitas antar perusahaan, system ICT dan keamanan software. Juga melakukan penangann operasi secara efisien., kualitas service pelabuhan yang penting sekali. 
 
Faktor penghambat untuk pengembangan Pelabuhan Indonesia adalah support dari Pemerintah (korupsi, inefisien, kebijakan gap antara ekspektasi kebijakan dan penerapannya di lapangan), business support (kurangnya supply infrasturktur yang memadai, izin untuk akusisi tanah dan etos kerja yang kurang baik), performa operasional (kurang konektivitas , kurang infrastruktur transportasi, manajemen yang tidak efisien, kurangnya infrastruktur energi dan dan masalah dengan bea cukai yang tidak efisien).
 

Mengenal lebih dekat profil perusahaan Pelindo 1,2,3 dan 4

 

Profil Pelindo 4 

Pelindo Bersatu, Indonesia Berjaya
Sumber: Sulawesi.bisnis.com

 

Mengenal lebih jauh profil Pelindo 4 . Proses panjang dari badan hukum BPP hingga menjadi PT. Pelindo 4 yang merupakan badan hukum milik negara. 
 
Pelindo 4 sebagai operator layanan dari 24 pelabuhan, 1 unit pelayaran di 11 provinsi Indonesia Timur. Produk layanan yang ditawarkan oleh Pelindo 4 mulai dari ship service, cargo service, container service, sampai kepada personal service (passenger, Cruise & Tourism). 
 
Dalam Tata Kelola perusahaan atau Good Corporate Governance telah diterapkan Kebijakan Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Code of Conduct. 
 
Dari segi pelayanan, terus dilakukan perubahan dan pengembangan dengan Pusat Layanan Informasi dan Dokumentasi (E-PPID) sehingga Pelindo 4 sebagai BUMN dapat melayani informasi public dengan terbuka, integritas dan berkualitas. 
 
Dari segi Health and safety Environment, telah menerapkan system manajemen , ISPS Code, Green Port , manajemen Risiko dan SMK3 yang jadi bagian dari system management.
 
Satifaction to customer dimana kepuasan customer ditentukan oleh kualitas layanan sesuai dengan standar internasional, 
 
 Pelindo 4 telah memenuhi standar berdasarkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Menjadi pelabuhan yang menerapkan Pelabuhan green port dalam rangka mengurani penurunan emisi dan pengolahan sampah dan air.
 
 Kinerja Pelindo 4 di semester I tahun 2021, menunjukkan perbaikan dan peningkatan dalam segi kenaikan layanan bongkar muat kendaraan , 25,173 unit kendaraan CBU ekspor di terminal internasional , Angka ini merepresentasikna tingkat kenaikan 27,86% lebih besar dari bulan sebelumnya. 
 

Profil Pelindo 3

 
Pelindo Bersatu Indonesia Jaya
Surya-Tribunes.com

Pelindo 3 merupakan BUMN yang bergerak dalam bidang layanan Pelabuhan beroperasi di 43 pelabuhan di 7 provinsi di Indonesia. Peran strategis pelayanannya untuk menghubungkan wilayah barat dan timur, agar ada pemerataan ekonomi. 
 
Produk Pelayanan yang ditawarkan port & terminals, marine services, energy, property & tourism, logistics. 
Khusus untuk layanan marine services mencakup pemanduan dan kapal tunda, kapal seperti halnya pesawat jika menunda maka memerlukan pilot & towage service), juga docking kapal dan hal  yang berkaitan dengan logistik kapal. 
 
Jasa layanan marine service ini dbawah manajemen anak perusahaan PT PMS .. Khusus untuk pelayanan pada bidang energi, minyak dan gas bumi, ketenagalistrikan yang memperlukan terminal energi. Sektor bisnis energi ini merupakan kolaborasi anak perusahaan , PT. Pelindo Energi Logistik (PT PEL). 
 
PT PEL mengoperasikan regsisifikasi LNG suatu teknologi untuk storage dan refasification Unit (sebuah kapal yang dilengkapi peralatan untuk mengubah LNG cair menjadi gas. Lokasi usahanya berada di Benoa, Bali, one stop service terminal bagi bisnis usaha energi beserta pengelolaan limbahnya. Produk terakhir adalah logistik. Logistik di sini merupakan bagian dari core business pelabuhan dan supply chain barang. Khusus mengurus logistic dari awal dimana barang itu berada hingga ke tempat dimana barang itu dibutuhkan. Logistik ini ditangani oleh PT Berkah Multi Cargo ,cucu perusahaan yang punya system logistic yang cukup canggih dan professional. 
 

Profil Pelindo 2

 
Pelindo Bersatu, Indonesia Jaya
Sumber: sindonews.com

Pelindo 2 yang secara resmi disebut dengan IPC memiliki 12 cabang, 17 afiliasi perusahaan. IPC merupakan Pelabuhan di kota-kota besar seperti Jakarta, Palembang, Banten. Tanjung Priok, Jakarta, menjadi Pelabuhan tersibuk yang melayani 50% dari seluruh arus perdagangan melalui Pelabuhan di seluruh Indonesia. 
 
Dengan mengusung tema “World Class Port, pelayanan pelabuhan IPC meliputi layanan barang (bongkar muat barang dari kapal hingga ke pemilik), layanan kapal (operasional kapal (dari masuk hingga ke luar Pelabuhan), dan layanan lainnya yang berkaitan dengan penyewaan gedung.
 
Terobosan untuk terus berkembang dan menjadi World Class Port, dengan “operation excellent “ melalui teknologi informasi, modernisasi infrastruktur, teknologi digital dan good clean governance. 
 
Selanjutnya sebagai Pelabuhan yang jadi ujung tombak dari semua Pelabuhan di Indonesia, IPC pun tak mau ketinggalan dalam implementasi “digital port” untuk diterapkan dalam aplikasi teknologi informasi, integrasi vessel management system, Centralized Container Freight System, Operating system untuk terminal peti kemas dan non peti kemas, e-services, cashless port transaction. 
 

Profil Pelindo1

 
Pelindo Bersatu,Indonesia Jaya
Sumber: CNBC Indonesia

 Mengulas profil Pelindo 1, yang berpusat di Belawan, Medan, dengan cabang 15 pelabuhan di sekitar Sumatera Utara. Produk pelayanan yang ditawarkan marine services, dengan fasilitas dan perlengkapannya. 
 
Dalam melaksanakan operasional, Pelindo 1 telah mengimplementasikan Tata Kelola Terintegrasi dengan Pelanggan. Pelanggan dapat mengajukan pelayanan dengan menggunakan aplikasi digital, Indonesai Gateway Master Terminal , Container Terminal Operating System di tempat petikemas Belawan.
 

 Pelindo Bersatu 

 
Pelindo Grup (1,2,3,4) telah begitu baik untuk mengimplentasikan segala bentuk teknologi untuk memperbaiki system pelayanan untuk produk-produk di Pelabuhan. Usaha untuk efisiensi dan kolaborasi serta core value dari perusahaan sangat diapresiasi. 
 
Namun, top manajemen masih melihat banyak lubang kelemahan yang membuat “dwelling time” di Pelabuhan mejadi nilai dan harga logistik barang dari pemilik barang masih tinggi.. 
 
Oleh karena itu usaha dalam  proses penyatuan Pelindo  agar  Pelindo Group itu memiliki  standarisasi kompetensi di seluruh perseroan . Dimohon ada dukungan dari semua pihak stakeholder.
 
Dengan standar pelayanan yang sama di seluruh pelabuhan, akan meningkatkan kenyamanan customer. Para top eksekutif Pelindo Grup percaya bahwa integrasi Pelindo akan berdampak pada peningkatan kinerja dan efisiensi bagi BUMN Pelabuhan. Integrasi memudahkan untuk kontrol dan kendali strategis yang lebih baik. 
 
Pada akhirnya, optimisme bahwa penurunan biaya logistik akan turun secara bertahap. Hasil akhir ini akan memajukan kinerja operasional pelabuhan, investasi usaha meningkat dan menciptakan lapangan kerja. 
 
 Ayo, kita semua stake holder bersemangat mendukung "Bersatunya Pelindo agar Indonesia makin Jaya".
 
 Sumber referensi: 
 
  • Kinerja Moncer IPCC & IPCM serta Kepastian Merger BUMN Pelabuhan oleh Bisnis.com 
  • Anak Usaha Pelindo II (IPCC) Catatkan Pertumbuhan Bongkar Muat Juni 2021,. oleh Rinaldi Mohammad Azka, Bisnis.com 
  • Pelindo 1, https://www.pelindo1.co.id/id/ 
  • Pelindo2:https://www.indonesiaport.co.id/
  •  Pelindo 3:https://www.pelindo.co.id/id 
  • Pelindo 4:https://inaport4.co.id/hse/

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!