Ngeblog, Kerja, Belanja di Rumah Bersama Shopee Selama PPKM

 
Ngeblog,Kerja,Belanja di Rumah Bersama Shopee


Mendung kelabu melintas di setiap insan di Indonesia, saat pandemi,  Hampir setiap  orang merasakannya  badai dalam hidupnya. 
 
Salah seorang sahabat yang punya UMKM kelas menengah dalam bidang handy-craft hancur hatinya . 
 
Di awal tahun 2020 dia menyangka ekonomi akan berjalan lancar, namun, harapan itu pupus dan kandas oleh pandemic. Bahan-bahan yang telah dibeli untuk acara pameran dan wedding terpaksa menumpuk di gudang tanpa bisa diolah . Semua order dikansel dan dihentikan. 
 
Ditengah keterpurukan hatinya dan finansialnya, temanku itu ingin mengambil keputusan untuk menghentikan bisnisnya.
 
Namun, hati kecilnya iba dengan nasib para pekerja, (tukang gambar, tukang border, tukang solder, tukang jahit dan tukang gosok, quality control dan labeling. Mereka menjerit kepadanya karena mereka punya keluarga memohon agar tidak di PHK. 
 



Dengan kreativitas tinggi dan semangatnya dia bangkit untuk menolong mereka dengan jam kerja yang makin berkurang dan alih usaha dari kerajinan handy craft expor menjadi kerajinan kesehatan seperti masker, APD untuk nakes, tempat mukenah.. 
 
Banting stir usaha ini harus dilakukannya demi menolong pekerjanya untuk tetap bisa menghidupi keluarganya. Dalam kesulitannya dia masih peduli terhadap sesamanya. 
 
 
 
 
Momen di atas adalah momen titik balik saya dalam melihat pandemi yang telah terjadi di Indonesia hampir l l/2 tahun. Pandemi telah mengubah cara hidup saya yang berbeda dengan sebelumnya, cara berpikir atau perspektif baru tentang pandemi bukan sebagai “bencana” saja tapi juga pembelajaran mengisi hidup yang terbatas ini dengan seoptimal mungkin. 
 
Dulunya saya pernah sempat pesimis bagaimana bisa bekerja di rumah saja apabila tipe pekerjaan kita harus bertemu bekerja dengan orang lain. Bagi pekerjaan yang butuh kepercayaan penuh (confidentiality) pendekatannya harus dengan tatap muka.  Juga untuk menulis, saya merasa kurang yakin bisa efektif karena rasa bosan sering timbul dan hal ini membuat pekerjaan blog pun tidak lancar.
 
 
Bayangin, dulu saya suka banget diajak oleh komunitas penulis untuk blog gathering di suatu tempat pertemuan. Selain berinteraksi dengan teman baru, saya juga memiliki networking baru dan pengetahuan baru. Lalu, sekarang harus di rumah saja. 
 
Wah, perspektif bayangan suram muncul . Bosan, jenuh, kesal dan kecewa, sedih karena sering mendengar berita buruk. Dengan momen membaca berita yang membanggakan itu, spirit saya pun muncul tanpa diduga. Kenapa teman saya berhasil mengubah perspektifnya , saya pun harus bisa . 
 
Namun, pandemi telah mengajar saya untuk belajar berubah dalam cara bekerja , bersosialisasi , bahkan beribadah dan berbelanja.
Ngelog Kerja Belanja di Rumah Bersama Shopee
dokpri
 
 
Mulai dengan gaya hidup olahraga yang diubah, dulu harus datang ke lapangan untuk senam tera bersama teman, sekarang cukup dengan buka zoom, bisa yoga . Hasilnya pun otot dan tubuh bisa seimbang. 
 
Pekerjaan untuk mengurus rumah, bisa dilakukan di pagi hari dengan sangat efisien karena belanja sayur maupun ikan dapat dilakukan dengan shopping online. Shopping kebutuhan sehari-hari atau bulanan bisa dengan datang ke situsnya Shopee.
 
Bahkan untuk memenuhi gaya hidup sehat, saya selalu menyediakan vitamin seperti multi vitamin (One day for a woman), vitamin C dan vitamin D). Mudah dan cepat dan ngga repot lagi tinggal beli melalui Shoppee 
 
Siang hari setelah pekerjaan rumah selesai, saya bisa konsentrasi kerja baik itu untuk klien maupun untuk pekerjaan penulisan. Kerangka dan rencana kerja yang detail sudah disusun detail dalam diary Jadi saya bekerja berdasarkan skala prioritas, yang penting dikerjakan dulu mulai dari scratch hingga hasil dari karya itu selesai. 
 
Cara kerja yang efisien hanya dapat dicapai karena ada tahap-tahap yang dilalui dengan detail dan konsentrasi. Saat menulis , umumnya sulit menemukan ide tulisan yang unik, alur cerita yang tidak membosankan. 
 
Tapi begitu saya fokus dan konsentrasi kepada penulisan, dalam waktu yang singkat, saya berhasil menyelesaikan. Tentu perlu penyuntingan dan pembenahan untuk finalisasi. 
 
Perspektif yang telah berubah secara positif membuat pekerjaan cepat selesai tepat waktunya. Bahkan masih ada sisa waktu, untuk meluangkan hobi. 
 
Apa hobi saya? Hobi pertama adalah suka dengan Canva, suatu aplikasi yang saya pakai untuk mendukung tulisan untuk grafis maupun untuk slidenya. Padahal saya mengalami kesulitan dengan aplikasi grafis yang tidak saya kuasai. Tapi dengan Canva saya merasakan lebih mudah dan lebih cepat penggunaannya. 
 
Saya sempat mengikuti training tentang literasi hoax melalui online selama 3 hari berturut-turut. Saya sangat senang karena dengan literasi ini saya mendapatkan cakrawala luas bagaimana saya membaca berita di media sosial secara cermat dan bagaimana memilah apakah sebuah berita itu hoax atau tidak. Usai training, saya dapat menyelesaikan tulisan dengan begitu lancar dibuat.  Topik yang saya sukai membuat tulisan cepat dan lancar selesainya.
 
Malam hari, saya masih punya sisa waktu untuk mencari belanja yang belum selesai atau bahan yang belum dibeli. Terutama barang-barang dapur, Kesehatan dan fashion. Saya memilih situs di Shopee. 
 

Mengapa memilih Shopee? 

 
dokpri

Alasan utama suka belanja di Shopee karena situs penjualan online ini menjadi top mind dalam benak saya. Saya ingat betul ketika diluncurkan pada tahun 2018, dan ada survei online di tahun 2018 dari Snapchart , Shopee, peritel asal Singapore ini jadi situs online yang jadi urutan pertama dicari dan digunakan (37%) dan baru disusul oleh Tokopedia (25%) dan Lazada (20%). 
 
Nach, sebagai perempuan saya langsung suka sekali untuk menggunakan ecommerce peritel Shopee. Ternyata apa yang saya suka ini sesuai dengan hasil risetnya bahwa pengguna e-commerce Shopee memang didominasi oleh perempuan. Jadi naluri perempuan saya itu memang tepat dalam memilih e-commerce. 
 
Penilaian ini bukan sekedar subjektif tapi juga ada penilaian objektif dari pengguna Shopee yang merasakan manfaatnya berbelanja di Shopee: 
 
 

1.Belanja dan Jualan yang menyenangkan 

Setiap konsumen pasti menginginkan pengalaman  belanja online yang menyenangkan. Kenyamanan belanja dengan fitur yang gampang cari produk yang diinginkan dengan kategori yang jelas. Kategorinya itu ternyata gampang dicari karena foto dan keterangan ada di depan mata. Apalagi dengan berbagai fitur ongkir gratis, dan promo. 

Bukan sekedar belanja, tapi juga sebagai seller pun, pengalaman  UMKM pemula pasti dapat memanfaatkan fitur yang dapat menaikan  produk sehingga produk dapat terlihat pembeli. Penjual bisa memberikan insentif kepada pembeli dengan voucher toko, dan daftar Gratis ongkir.

Apabila seller ingin go Global, program ekspor shoppe jadi andalannya. 

 2. Banyak pilihan “Jasa Pengiriman"

Wow, ada banyak pilihan jasa pengiriman yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan misalnya JNE, JN&, Go-Send, Pos, Kilat. Adanya banyak jenis pilihan ini dapat memudahkan kita untuk mendapatkan harga pengiriman yang sesuai dengan kantong kita. 

3. Pusat Produk  Terlengkap dengan Ongkir Gratis di Indonesia 

 Kategorinya banyak sekali, tapi kita ngga bingung kok cari apa saja ada. Mulai dari pakaian, make-up sampai souvenir pesta. Kategori ini disusun dengan sub kategori yang telah dirapikan sehingga pencariannya pun sangat mudah, tinggal memilih, klik dan produk pun muncul. 

Tawaran pengiriman yang biayanya gratis atau lebih murah. Sebagai penjual akan mendapat subsidi ongkir apabila memenuhi jumlah penjualan.

 4. Mudah, simple dan hits 

Fitur -fiturnya disukai oleh generasi muda antara 19-24 tahun. Menurut anak muda, fiturnya interaktif dan selalu ada tema baru setiap momen. Fitur fash games sangat interaktif, disukai oleh milenial. 

Proses pembayaran sangat user friendly, tidak ribet dan sulit , cukup mengikuti tahapnya.. Saya sudah pernah membeli jadi tidak merasa kesulitan sama sekali. 

Rupanya gaya hidup yang hit pun tetap terus terupdate dengan baik sehingga kamu yang mau beli barang  pasti tidak akan ketinggalan zaman. 

5. Banyak promo 

Ayo siapa tak suka promo? Pasti semua suka dong. Nach tiap kali ada event yang berkaitan dengan hari tertentu, pasti ada promo yang ditawarkan dan beragam dari cashback hingga 100 ribu diskon 90% dan hadiah belanja. Apalagi saat jelang Ramadan, pasti selama bulan Ramadhan ada promo Ramadhan, selain itu ada  9.9 Super Shopping Day, 10.10  Festival, 11.11 Big Sale dan yang paling terbesar 12.12 Birthday terbesar sepanjang tahun. 

Kita dapat barang dengan kualitas bagus, harga kompetitif dan lebih murah dari harga normalnya. 

 

Itulah kilas balik cara saya menghabiskan waktu selama pandemi dengan ngblog , kerja produktif, bahkan belanja asyik tanpa ada hambatan meskipun dalam suasana PPKM



12 komentar

  1. aku juga suka shopee bu ina, karena ada fitur gratis ongkirnya hehe. juga lebih murah biasanya dan lebih mudah sekarang ada shopeefoodnya, pake shopeepay

    BalasHapus
  2. Bisnis bisa berhenti, tetapi memutus hubungan kerja para karyawan itu yang susah karena seolah mencabut hidup orang banyak. Keputusan untuk alih bisnis sangat bijaksana untuk bisa membuat banyak dapur tetap ngebul.

    BalasHapus
  3. shopee tau banget kebutuhan kita ya?

    Terlebih selama pandemi, cukup install shopee banyak kebutuhan teratasi

    BalasHapus
  4. dari semua marketplace, aku paling suka belanja di Shopee karena beberapa alasan :
    1. Gratis ongkir
    2. ada pay later
    3. banyak promo menarik

    apalagi saat PPKM seperti sekarang, pengen belanja apapun, selalu cek dulu di shopee, harga cocok, barang cocok, baca reviewnya bagus, langsung check out. Pas belanjanya di tanggal tua, pakai pay later yg bayar nanti (bulan depan), hihihi..

    BalasHapus
  5. Duh kalo ngomongin Shopee, banyak kenangannya! Hehe. Selama 2 tshun eortana kenal dunia e-commerce termasuk eortams jualan online ya di Shopee.

    BalasHapus
  6. pandemi emang menjungkirbalikan kehidupan semua orang ya bu, gak terkecuali para pelaku UMKM. apalagi mereka yang punya pegawai, jadi harus putar otak gimana caranya cari celah lain agar usaha masih bisa jalan dan pekerja masih bisa mendapat penghasilan.

    btw, saya termasuk user setia shopee, alasannya sih sederhana, murah, lengkap dan banyak promo gratis ongkir

    BalasHapus
  7. Samaan kak... Marketplace yg paling aku suka dan paling setia itu shoppe, ntah kenapa kalau diaku sih lebih banyak promo Dan sering dapat gratis ongkir jga... Bahkan semua kebutuhan ada dan Murmer jga di sana, hehe..

    BalasHapus
  8. aku pengguna shoppe juga mbak sejauh ini hanya 1 dalam hapku aplikasi marketplace yang aktiv aku gunain

    semga pandemi segera berlalu aamiin

    BalasHapus
  9. Aku suka Shopee lebih ke Games nya yang memberikan banyak hadiah menarik. Dan games-nya juga beragam. Ada Shopee Tanam Kilat, Shopee Candy, Shopee Go, dan lain-lain.

    BalasHapus
  10. Shopee tuh memang jadi tempat belanja favorit ya. Banyak banget pilihan produknya. Harganya juga sangat kompetitif. Suka banget belanja di shopee.

    BalasHapus
  11. Pandemi ini mengajarkan kita untuk tetap tangguh dan beradaptasi dengan keadaan yang nggak selalu bisa membuat sesiapa saja makan dan tidur dengan tenang seperti dulu. Rupanya banyak penyesuaian yang perlu dipaksakan dan dibiasakan ya, Bu. Semisal berkomunikasi, menggali lebih dalam lagi potensi diri, termasuk berjualan atau berbelanja secara daring melalui Shopee.

    BalasHapus
  12. Selama PPKM ini memang belanja lewat shopee itu jadi pilihan terbaik, selain tanpa harus keluar rumah, gratis ongkir hingga bisa menjadi healing dengan sering cek out di Shopee :)

    BalasHapus

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!