Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Bagi mereka yang berpuasa dari pagi hingga petang, minuman dingin adalah sesuatu kenikmatan yang sangat luar biasa. Dingin dan segar rasanya. Saya pun yang tidak berpuasa, jika pergi ke luar dan udara di luar sangat panas sekali dan membuat gerah badan dan akhirnya mencari minuman dingin yang sangat didambakan.

 Nach, bagi yang ingin berbuka puasa, tentunya diharapkan jangan hanya minuman dingin yang dipikirkan, tetapi juga apakah sehat dengan berbuka puasa dengan minum dingin. Sebaiknya sebelum minum dingin disiapkan, kita lebih baik berbuka puasa dengan minuman panas dulu . Setelah perut tidak lagi kosong sama sekali, kita makan cemilan sedikt dan akhirnya barulah kita bisa minum dingin yang diinginkan. 

Di sepanjang jalan yang saya temui ketika menjelang berbuka, minuman ber-es ini memang banyak bertebaran. Tentu kalau tidak ada yang mencari, tidak akan banyak disana-sini. Ya khaan? Pilihan minuman dingin bukan yang hanya disukai saja, tetapi juga yang sehat dan menyegarkan bagi tubuh serta bersih. 

Berikut adalah daftar minuman yang saya favoritkan, siapa tahu bisa jadi bahan rekomendasi berbuka puasamu.

 Es Dawet, Minuman Tradisional:

Resep Masakan Jawa.com

 

 Mudah saja untuk jatuh cinta pada minuman ini, minuman yang hampir di semua daerah pasti memiliki penjualnya. Kunci rasa enak dawet menurut saya ada di kuahnya, campuran santan dan gula jawa. Terutama di gula jawanya sih, karena saya pernah mendapati gula jawa yang rasanya kurang nendang, sedikit pahit, yang pada akhirnya membuat es dawet jadi tidak sesuai standar enak dari saya pribadi. Es Dawet yang tidak pernah mengecewakan saya adalah es dawet yang saya temui di Banjarnegara. Apa karena minuman ini memang berasal Jawa Tengah. Hal inilah yang kemudian membuat saya selalu berhasil jatuh cinta setiap kali melewati jalan di Banjarnegara ketika mudik, dimana disamping kanan kiri banyak sekali penjual dawet ayu yang berjejer rapi.

 Es Teller:


LifestyleOkezone.com

 Kesegaran yang mengenyangkan dalam Semangkuk Es Teller Kalau yang ini, minuman dingin yang juga mengenyangkan. Es Teller. Paduan antara daging kelapa yang gurih, irisan alpukat yang lembut, ditambah irisan nangka dan disiram santan beserta susu kental manis kalau suka. Tentu, jangan lupa es serut.

Es Cincau:


Cookpad.com

Cincau, Minuman Adem Meski Tanpa Es Kalau orang jawa menyebutnya Camcao.Minuman yang cocok bagi orang yang ingin minum dingin tetapi tidak bisa makan es, karena gigi sensitif,misalnya. Minuman memberikan sensasi yang mirip-mirip, adem. Saya menyukai minuman ini,  cincau ini memang bukan hanya bisa menjadi minuman yang menyegarkan tetapi juga menyehatkan karena mengandung serat dan beberapa vitamin yang diperlukan tubuh. Pun tidak perlu campuran yang macam-macam, tidak dicampur apa-apa sebenarnya juga bisa saja langsung dimakan. Hanya kalau memang butuh sedikit rasa, santan dan cairan gula jawa bisa mendampinginya.