HARGA TIKET PESAWAT ARUS MUDIK

tirto.com


Mudik jadi tradisi lebaran. Hampir 70% ata 19-25 juta orang pemudik atau warga kota selalu berbondong-bondong untuk mudik merayakan Lebaran bersama keluarga di tempat kelahirannya atau disebut kampung halamannya.  Banyak peminat tinggi membuat harga tiket pesawat arus mudik mahal sekali.

Seorang teman saya mengeluh keras kenapa tiap kali ingin mudik selalu terkendala dengan harga tiket pesawat arus mudik yang selalu tinggi di atas harga normal. Suatu fenomena yang terjadi hampir tiap tahun. Hampir tiap maskapai penerbangan sudah mengenakan harga tertinggi atau istilahnya “Black out” untuk harga promosi atau harga terendah menjelang 2 minggu sebelum dan 2 minggu sesudah Lebaran. 

Bagaimana tips untuk bisa mendapatkan harga tiket pesawat arus mudik yang lumayan tidak mahal? 
    
  • Berburu Tiket Lebih Awal:

 Menurut data Kementrian Perhubungan sekitar 55% pemesanan tiket peswata terjadi pada rentang 30-60 hari sebelum Lebarang. Namun, tidka kurang dari 90% tiket penerbangan promo ludes dalam hitungan menit. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mendapatkannya? Salah satu tipsnya adalah memesan tiket lebih awal. Perburuan tiket harus dilakuka sekitar 50-60 sebelum hari raya. Saat itu masih banyak tiket promo lebaran dari maskapai. Cek di situs untuk tiket promo domestik, internasional dan harga termurah di update setiap hari. 

  •  Memilih Maskapai yang Tepat

 Jika biasanya Anda terbang dengan menggunakan pesawat di luar LCC karena masih terjangkau, tapi di saat mudik sebagiknya carilah maskapai low-cost carrier (LCC) yang mudah mempengaruhi harga tiket Anda. Jika memungkin booking jauh-jauh hari untuk maskapai LCC di Indonesia seperti Lion Air, Citilink, Air Asia. Jika ingin mencoba maskapai full-service, Anda bisa membeli tepat di hari Lebaran. Penerbangan justruk memberikan harga tiket lebih murah daripada maskapai LCC. Contoh maskapai full-service, antara lain, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Batik Air. 

  • Mencari tiket online:
Perburuan tiket yang sedikit miring itu memang perlu waktu dan usaha yang gigih. Oleh karena itu sebaiknya cari tiket dengan harga agak miring dilakukan melalui online. Beberapa agen travel memiliki website yang dapat diakses setiap saat dan tidak menyita waktu. Mudah sekali tinggal akses dan cari “Info Harga” di fiturnya. Kegigihan untuk berjuang cari tiket yang lebih murah walaupun tidak sedang promo dimungkinkan. 

  • Pesan Tiket pada malam hari:

 Menurut survei JakPat, sekitar 63% calon penumpang pesawat melakukan booking online. Sisanya melakukan pemesanan tiket pada pagi hari. Artinya Anda dapat mencoba untuk mendapatkan tiket yang agak murah pada tengah malam karena biasanya harga tiket miring atau sedikit murah dibuka tengah malam. Selamat berburu harga tiket pesawat arus mudik