MENANAK NASI MERAH JADI PULEN




Segala sesuatu yang baru itu memang sulit yach!  Apalagi menanak nasi merah jadi pulen itu rupanya tidak mudah.   Sebenarnya saya tak pernah mengalami kesulitan menanak beras putih. Namun, sejak berganti dengan nasi merah, saya mengalami beberapa kali kegagalan . Pertama , setelah beras merah itu saya masak secara manual dengan "dandang" hasilnya nasi merah rasanya keras sekali. Kedua, ketika memasak dengan rice cookder dengan ditambahkan airnya, jadi lembek sekali.  Kesalnya nasi merah yang mahal dibandingkan dengan nasi putih itu kurang bermanfaat karena tidak enak dimakan.

Akhirnya, saya pun hunting untuk mencari solusi bagaimana caranya agar menanak beras merah jadi nasi merah yang pulen. 

Berikut ini adalah tipsnya yang akan saya coba , semoga berhasil:

  1.  Pertama-tama langkah yang harus anda lakukan ketika hendak memasak beras merah yaitu, anda harus mencuci bersih terlebih dahulu beras merah yang sudah anda siapkan dan akan anda masak.
  2.  Ketika memasak beras merah ini, anda diharapkan untuk memasaknya dengan cara manual atau cara biasa dan tidak menggunakan rice cooker, hal ini disebabkan karena tekstur beras merah memiliki perbedaan dengan beras biasa atau nasi putih. 
  3.  Siapkan panci yang akan anda gunakan untuk memasak beras merah. Jika panci sudah disiapkan, anda bisa langsung memasukan beras merah yang sudah anda cuci bersih tadi. Lalu masukan atau tuangkan air bersih dengan perbandingan 1:4. Dimana maksudnya yaitu 1 gelas beras dengan 4 gelas air.
  4.  Sebelum beras dimasak, akan lebih baiknya jika anda merendamnya terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. 
  5. Jika beras merah sudah direndam, anda bisa langsung menyalakan atau menghidupkan kompor. Lalu anda bisa langsung memasak beras merah.
  6.  Aduk-aduk beras merah beberapa saat, lalu tutup dengan menggunakan tutup panci agar air bisa mendidih dengan sempurna.
  7.  Jika air sudah mendidih, maka anda bisa langsung membuka tutup panci. Masak nasi dengan menggunakan api sedang sambil sesekali diaduk sampai air benar-benar habis dan beras setengah matang. 
  8.  Jika sudah seperti itu, anda bisa langsung mengangkat beras dan meniriskannya terlebih dahulu.
  9.   Sementara beras ditiriskan, anda bisa melakukan langkah-langkah yang lainnya. Dimana langkah yang harus anda lakukan yaitu menyiapkan alat untuk mengukus nasi. Jika alat sudah siap, maka anda bisa langsung mengukus beras yang sudah dimasak tadi.
  10.  Kukus beras sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, anda bisa langsung mengangkatnya. 
Ayo, kita sama-sama belajar membuat nasih merah jadi pulen!