BERBURU TIKET KERETA API


wisatabandung.com

Mudik Lebaran untuk pulang kampung perlu dipersiapkan secara dini. Banyak moda transportasi umum yang sekarang ini sudah siap melayani pemudik dengan persiapan yang sangat matang sekali. Jadi pemudik tidak perlu risau untuk membeli tiket kereta api agar perjalanan mudik tahun 2018selamat, aman dan nyaman.

 PT KAI telah memastikan pengecekan kesiapan di jalur lintas utara dan selaran. Seluruh unsur diperiksa mulai dari kesiapann sarana, prasaran, SDM, alat material untuk siaga (AMUS) hingga fasilitas lainnya.

 Bahkan inspeksi direksi PT KAI telah dilakukan dengan pembinaan kepada seluruh jajaran SDM. Dalam pembinaannya direksi menenkankan agar setiap pegawai yang berdinas mengutamakan keselamatan dan patuh kepada regulasi serta melakukan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa KA. 

Tahun ini PT KAI menetapkan masa angkutan lebaran 2018 selama 60 hari, mulai tanggal 16 April 2018 (H-60) sampai dengan 23 Juni 2018(H+7). Puncak arus balik pada hari (H+9). Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat PT KAI menyediakan pemesanan tiket kereta api  23.372 seat. 

Aturan baru diperlakukan bagi penumpang dalam pemesanan tiket kereta api. Masyarakat dapat memesan tiket KA via reservasi internet atau aplikasi KAI Access hingga enam jam sebelum keberangkatan. Sebelumnya pemesanan tiket KA via internet reservation maksimal H-2 keberangkatan. Namun kini berubah menjadi 6 jam. Ini memudahkan mobilitas masyarakat yang ingin menggunakan kereta api. 

Peraturan baru yang lainnya adalah penumpang yang sudah mempunyai kode booking pemesanan tiket KA dapat melalukan process check ini di setasiun keberangkatan mulai 7 hari (7 x 24 jam) sebelum waktu keberangkatan KA. Kebijakan ini untuk menghindari antrean dan memberikan waktu yang cukup kepada calon penumpang untuk check in.

 Cara check ini dilakukan dengan cara mengetikkan kode booking atau melakukan scan barcode yang terncamtum pada bukti transaksi pembelian tiket di chec in counter. Check in counter akan mengeluarkan bourding pas yang mencantumkan kode booking dan nama KA serta tujuan dan jadwal keberangkatan. 

Bording pass inilah yang harus dibawa penumpang saat pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun. Pertugas akan melakukan verifikasi boarding pass dengan perangkat scanner serta memeriksa kecocokan data dengan kartu idenditas asli penumpang. Ini diharapkan untuk menghindari peredaran tiket palsu. 

Bagasi yang diperbolehkan dibawa oleh penumpang maksimum 20 kg dan dengan volume maksimum 100 dm 3 (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm) serta sebanyak-banyaknya terdiri dari 4 koli (item bagasi) tanpa dikenakan bea tambahan. Bagi ibu hamil dihimbau boleh naik kereta api dengna usia kandungan 14-28 kandungan. Sedangkan usia ykandungan di luar 14-28 minggu wajib melampirkan surat keterangan dari dokter kandungan. Semua peraturan ini semata-mata untuk keselamatan penumpang

 Selamat Booking Tiket kereta api.

Tidak ada komentar

Pesan adalah rangkaian kata yang membangun dan mengkritik sesuai dengan konteksnya. Tidak mengirimkan spam!

Total Tayangan Halaman