SEMBUHKAN INDONESIA DENGAN GAYA HIDUP SEHAT



Tetangga saya, keluarga kecil yang berbahagia. Sepasang suami istri ,keduanya bekerja dengan karir yang mantap di jenjang tinggi di BUMN yang berbeda. Kebahagiaan mereka dilengkapi dengan 3 orang anak, 2 anak lelaki dan 1 anak perempuan

Namun, suatu hari tanpa diduga ketika sang suami sedang menghadiri upacara resmi di kantornya, dan setelah selesai upacara kembali ke Hotel. Dia berjanji akan pulang ke rumah dalam waktu 45 menit karena hari itu hari libur. Sayang dia tak kembali ke rumah tapi pulang ke rumah PenciptaNYA. Semua orang kaget luar biasa karena bapak Albert (bukan nama sebenarnya) itu masih berusia muda 42 tahun, di puncak karir, senang olaharga naik sepeda, dan tidak ada tanda-tanda sakit. Hanya 2 hari sebelum ajal, pernah mengeluh sakit dadanya kepada istrinya. 

Dokter Tan Shot Yen, Pakar Kesehatan,  kaget melihat pasiennya berusia 25 tahun obesitas dan diabetes. Diberikan nasehat agar hindari makanan yang tidak sehat, dan jaga kesehatan dengan gaya hidup sehat, sayangnya sang pasien tak pernah mendengarkan, akibatnya diabetes itu menyerang rambut yang memutih, gigi karies, gangguan pencernaan.

Gaya hidup sehat bukan hanya sekedar slogan saja, peringatan keras buat kita semua karena jumlah pasien diabetes mencapai 10 juta orang, Indonesia masuk dalam peringkat ke-7 dari seluruh dunia untuk penyakit diabetes. Dari angka 10 juta itu sebanyak 1,67 juta berusia di bawah 40 tahun, 4,65 juta berusia 40-59 tahun, sedangkan sisanya 2 juta berusia 60-79 tahun. 

Di usia muda seyogyanya warga Indonesia adalah warga sehat untuk melanjutkan pembangunan, namun bagaimana jika sebagain besar harus menderita penyakit yang sebenarnya dapat diatasi dengan mengubah pola gaya hidup jadi gaya hidup sehat

Mari sembuhkan Indonesia dengan gaya hidup sehat, kita semua dapat mengubahnya : 

1.Makananan yang lebih sehat dan tidka mengandung gula 
2. aktivitas olahraga yang tepat dan regular , konsisten setiap hari 
3. Mindset harus diubah 
4. Hindari stress (fisik, psikis, biologis)

 MENGUBAH  MAKANAN:
metrotv.com

 Dimulai dengan orangtua yang punya peran besar kepada anak-anaknya. Anjuran konsumsi gula, garama dan lemak per hari. Untuk Gula (G4) anjuran gula 10% atau 4 sendok makan ; anjuran garam 2000 mg atau 1 sendok teh; anjuran lemak 20-25% atau 5 sendok makan. Untuk mempermudahnya, tiap hari dianjurkan 4.1.5 artinya 4 gula, 1 garam, 5 lemak. 

Makanan sehat bernutrisi

shutterstock.com

1. Karbohidrat kompleks, nasih merah, roti gandung, ubi jagung, singkong. 
2. Protein: ikan 
3. Lemak yang sehat adalah yang tidak digoreng seperti advokad dan lemak yang tidak jenuh 
4. Air adalah nutrien untuk metabolisme di tubuh kita 
5. Vitamain: diperlukan walalupun dalam jumlah kecil. 
6. Mineral : dibutuhkan untuk otot, saraf, produksi ,hormon 
7. Sayur-sayuran: yang mengandung banyak serat 
8. Buah-buahan: tanpa dijus langsung dimakan sebaiknya tidak makan buah yang mengandung gula tinggi. 

Diharapkan sebagai orang tua untuk menjaga anak-anaknya tetap makanan sehat bernutrisi dan hindari makanan yang bisa berakibat diabetes/obesitas: 
1. Makanan fast food 
2. Minuman kaleng atau kotak, yoguhrt yang mengandung gula lebih dari 40 gr 
3. Kebiasaan mengemil 
4. Pengolahan makanan yang banyak menggunakan minyak & santan kental 
5. Jadwal makan dengan tidak teratur dan tidak sarapan 

AKTIVITAS OLAHRAGA: 

shutterstock.com
Setiap orang baik anak, dewasa sampai lanjut usia perlu bergerak aktif. Seringkali, menjumpai anak-anak, bersama keluarga (ayah dan ibunya), duduk di rumah dengan gadget berjam-jam tanpa suatu gerakan . Pola hidup tanpa gerak itu disebut sedentary. Sedentary akan menimbulkan penyakit baik itu diabet, jantung .

 Disarankan Anda untuk berolahraga 30 menit tiga seminggu, tapi bagi sebagian orang terlebih yang berada di kota besar, sangat sulit mewujudkannya. Oleh karena itu untuk memulai program olahraga diberikan saran:
  •  Mulai dengan aktivitas jalan santai, bersepeda. Cukup 15 menit dan Anda tak perlu merasa sengsara dan mencari nikmat. Setelah dapat melakukan selama 15 menit, ditambahkan hingga 30 menit. 
  • Setelah menit ke 7-10 maka otak kita akan mengeluarkan hormon endormin, dan kita akan merasakan kesegaran tubuh. Endorfin adalah morfin alami yang diproduksi otak untuk membuat tubuh nyaman. 
  • Variasikan olaharga dengan lari atau senam secara berkelompok 
  • Perempuan lebih efisien membelanjakan energi. Dengan jarak tempuh yang sama, perempuan lebih menggunakan 40 persen energi lebih sedikit dibandingkan pria. Oleh karena itu sehabis olahraga tidak disarankan perempuan jajan seperti bubur ayam, soto, dan sebagainya yang berarti anda tidak mampu menahan “lapar” mata dari pada energi yang akan dibuang. 

MINDSET HARUS DIRUBAH 

shutterstock.com
Banyak warga yang ingin sehat, tapi tak mengetahui caranya, atau justru hanya mengingkan makan enak setiap kali diajak oleh teman reuni, makan siang. 

Mengubah mindset untuk selalu tertuju “saya mau sehat” dan tidak lapar mata untuk makan yang mengandung lemak, kolesteroal tinggi. Mindset harus berpikir dari diri sendiri bukan dipengaruhi dari orang lain seperti ingin diet karena ingin kurus. Disarankan tetap makan sehat baik itu sarapan pagi, siang maupun malam. 

HINDARI STRES: 

shutterstock.com
Memang dalam kehidupan tidak mungkin menghindari stres secara langsung. Stres datang tanpa diharapkan. Namun, otak yang terbiasa menghadapi stres baik itu kemacetan, pekerjaan, transportasi, ekonomi, relasi, harus dikelola dengan baik agar tubuh kita tidak lemah karena persoalan stres yang tak bisa diatasi.

Membangun kesadaran gaya hidup atau pola hidup sehat bukan hanya suatu gerakan sekedarnya saja tanpa tujuan, marilah kita bangun kesadaran gaya hidup sehat dengan tujuan bahwa ke depannya kita dapat menikmati kesehatan hingga usia senja. Hanya dengan kesehatan kita mampu untuk merubah anak-anak untuk menjadi generasi penerus yang kuat fisiknya, sehat badannya dan pandai intelektualnya.