Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

10 Oktober 2017

Kuliner Khas Semarang

Jalan-jalan ke Semarang dan sekitarnya, tak boleh melupakan yang satu ini, yaitu Wisata Kuliner. Kenapa? Di Semarang dan sekitarnya banyak makanan yang enak dan legendaris , khas Semarang. 

Siapkan perut kosong sebelum menjelajah kuliner khas Semarang. Keunikan dari makanan di Semarang itu rasa manis, masam dan sedikit asin. Yuk, saya ajak makanan legendaris khas Semarang , jadi saya tidak menyebutkan semuanya yach: 

Lumpia:

www.resepkuekeringku.com

 Ada dua macam tipe lumpia. Lumpia basah dan lumpia goreng. Isi lumpia itu biasanya rebung yang telah direbus dimasak bersama dengan udang dan telor dan sedikit daun bawang. Cara penyajiannya : Lumpia goreng atau tanpa goreng itu dimakan dengan saus bawang yang dikentalkan berwara coklat kental dengan cita rasa manis dan tambahkan cabe rawit dan acar timun atau daun bawang. 

Tempat untul beli Lumpia yang enak itu ada 4: di Jl. Lombok dekat klenteng, Jl. Mataram, Jl. Pandanaran, Jl. Jagalan. 

Tahu Pong & Tahu Gimbal :



hellosemarang.com
Tahu Pong ini adalah tahu spesial yang dinamakan tahu pong karena tahu di dalamnya kosong, rasanya renyah dan gurih . Digoreng dan disajikan dengan kuah kecoklatan dari kecap ditambah dengan petis , cuka dan gula jawa. Ditambahkan dengan telor.  Makanan legendaris ini sudah ada sejak tahun 1930an. Tempatnya di Jalan Gajah Mada berseberangan gereja Bethel. 

Kombinasi dari Tahu Pong adalah Tahu Gimbal. Biasanya selain ditambahkan gimbal itu adalah udang yang digoreng tepung . Cara penyajiannya, tahu ,gimbal dipotong-potong dengan gunting, dan dilengkapi dengan longtong, lalu ditaburi dengan kuah tahu pong ditambahkan  petis , lalu diatasnya ditaburi dengan kacang yang sudah diuleg. Tempatnya di Jl. Menteri Supeno 

Bandeng: 


youtube.com

Produksi bandeng di Semarang sangat banyak. Biasanya bandeng sudah dipresto dan dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan. Keunikan Bandeng semarang ini oleh Bandeng Duri Lunak yang diproses dari Bandeng Pilihan. Salah satu pusat oleh oleh yang menyediakan menu olahan bandeng adalah Toko Bandeng Juwana.

 Kuliner Bandeng Juwana juga mempunyai warung yang menyediakan aneka olahan ikan bandeng. Di Warung Bandeng Juwana ini menu kuliner yang dihadirkan cukup beragam seperti Bandeng Tauco, Sate Bandeng, Gudeg Bandeng. Tempat untuk beli oleh-oleh bandeng juwana di Jl.Pandanaran No.57 

Soto Bangkong: 
tribuneJateng.com

Disebut dengan Soto Bangkong oleh pemilik dan penemunya sejak tahun 1950. Sajiannya memang lezat karena keistimewaan terletak dari bumbunya. Soto Bangkong sendiri disajikan dengan bihun, irisan bawang, kuah, ayam suwiri dan bawang goreng. Tempatnya Jl. Setibudi No.229 Semarang.