Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

26 September 2017

Potensi Wisata Banyumas / Purwokerto


Sebenarnya tiap daerah itu punya potensi pariwisata yang dapat dikembangkan. Pariwisata sekarang ini bermacam-macam jenisnya bukan hanya alam saja, tetapi juga sejarah, budaya, kearifan lokal, kuliner bahkan sekarang yang sedang trend adalah pariwisata untuk selfie. 

Dimana letak Banyumas?

 Banyumas adalah kabupaten yang terletak di sebelah barat daya dan merupakan bagian dari Propinsi Jawa Tengah. Luas wilayahnya lebih kurang 1.327,60 km atau 132.759,56 ha . Peta wilayah terdiri dari daratan, pegunungan dan struktur pegunanan terdiri dari sebagian lembah serayu untuk tanah pertanian, sebagian dataran tinggi untuk pekarangan dan pemukiman dan sebagian pegunungann untuk perkebunan dan hutan tropis terletak di lereng Gunung Slamat sebelah selatan.

 Jika Anda berangkat dari Jakarta menuju Banyumas, sekarang ini transportasi nyaman adalah kereta api. Ada beberapa kereta api dari Jakarta ke Jogyakarta (via selatan), yang melewati Purwokerto. Jarak tempuh dari Jakarta sekitar 5 jam.

 Baru kali ini saya naik Taksaka dari Jakarta menuju Purwokerto . Berangkat dari Stasiun gambir puku 8.30 dan tiba di stasiun Purwoerkto 13.30. Cukup tepat waktu dan kereta apinya cukup bersih dan nyaman. 

Kaya dengan wisata alam: 

Yuk saya ajak untuk mengexplore kekayaan wisata alam yang berada di Banyumas mulai dari Purwokerto. Di sini ada dua wisata alam yang saya kunjungi: 

Small World: 

Taman Wisata terletak di Karangmangu, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151, Indonesia. Small World menyajikan 18 miniatur dari berbagai bangunan-bangunan di dunia dalam bentuk miniatur. Mulai dari Tugu Monas, Patung Merlion, Patung Liberty, Colosseum, Menara Pisa, Menara Eiffel, Menara Kembar, Kincir Angin hingga bunga sakura dan tulip, semua ada di Small World Banyumas.

 Rencananya akan dikembangkan menjadi 30 miniatur bangunan . Yang menarik lainnya adalah Kincir Angin khas Belanda dengan bunga tulip yang khas, Patung Merlion, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Angkorwatt, Menara Eiffel, Kinkakuji, Taman Bunga Sakura, Opera House Sidney Udara segar pegunungan terasa nyaman , kita dapat melihat miniatur itu dengan berbagai penjelasannya jika kita belum tahu bentuk bangunan yang dibuat. 

Dalam kurun waktu sekitar 2 jam, kita sudah mampu mengunjungi dunia dalam miniatur di Small World. Sekarang sedang dikembangkan untuk perluasannya. 

 Baturaden:

 Lokasi Baturaden ini berada di lereng Gunung Slamat di ketinggian 640 m di atas permukaan laut. Jaraknya hanya 14 km dari arah utara kota Purwokerto. Suhu udara antara 18 – 25 derajat celcius. Menikmati panorama Gunung Selamat Begitu masuk ke Taman Wisata Baturaden terlihat taman-taman untuk rekreasi anak, taman air dengan sepeda air, taman lalu lintas dengan fasilitas mobil genjot. 

Bagi saya , air terjun Gumawang menjadi objek wisata yang sangat menarik. Air dari ketinggian 25 meter dan airnya yang sangat jernih terus menglair langsung jatuh dari mata air Gunung Selamat membentuk telaga kecil . Di penuhi dengan panorama perkebunanan dan tumbuh2an yang tinggi seperti hutan makin membuat suasana sangat cantik.

 Telogo Sunyi: 

 Dari Baturaden kami menyusuri hutan-hutan dari Perhutani yang sangat lebat. Jalan cukup sempit dan menanjak. Tetapi udara sejuk sangat terasa dingin dan segar. Begitu sampai di tempat parkir , terlihat hutan dengan pohon-pohon yang tinggi. Kami langsung menuruni jalan setapak yang terbuat dari bebatuan. Di sebelah kiri terlihat telogo atau telaga kecil dan dibatasi dengan pagar terbuat bambu, beruntung tidak hujan sehingga untuk berjalan di bebatuan tidak licin. 

Setelah jalan turun hampir 1 km, sampailah kami di ujung dari Telogo. Banyak yang memberanikan diri untuk mandi di Telogo yang airnya kelihatan kehijau-hijauan (kemungkinan karena lumut dari bebatuan). Kesunyian suasana dan udara itu membuat nama telogo ini dinamakan telogo sunyi. Untuk kembali ke tempat parkir, kami harus berjalan menanjak cukup tinggi tapi tanjakanan tidak begitu panjang.

 Kutabawa Flower Garden :

Sebuah objek wisata baru di kota Purbalingga, lokasinya terletak di Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53357. Taman yang mengambil konsep dengan bunga-bunga Indonesia yang dibentuk dalam pusaran. Namun, jalan untuk menuju ke taman yang paling di atas masih dalam bentuk tanah dan masih sangat sulit untuk dijejaki  karena belum dibentuk dengan bebatuan atau dipadatkan. 

Jenis bunga yang ditanam ada 18 aneka macam bunga. Diantaranya adalah celosia pagoda, petunia, begonia, marigold, tanggo, iriancis, dan lavender. Untuk bibit bunganya, beberapa datangnya dari Bandung, di mana di Bandung ini ada Taman Begonia di Kawasan Lembang, taman yang jadi inspirasi dibentuknya Kebun Bunga Kutabawa ini oleh si penggiat pariwisata Purbalingga. Tempat ini lebih tepatnya untuk foto-foto selfie dengan tema cinta atau love.

 Kuliner: 

Purwokerto mmeiliki berbagai macam kuliner yang sangat lezat dan jadi penganan dengan cita rasa yang sangat special, diantaranya Mendoan, kripik, buntil, Gethuk Goreng, Jenang Jaket, Nopia Soto Sokaraja. Cicipi dan nikmati makanan itu dan bawa sebagai oleh-oleh karena makanan itu sangat khas dari Purpwokerto dan cita rasa yang lezat.