Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

27 Agustus 2017

Pengin Sehat Bukan dengan Sembarang Diet


“Kesehatan bukanlah segalanya dalam hidup, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti” (dikutip dari Dr. Phaidon dan Dr. Widya) 

 Kesadaran mahalnya kesehatan belum dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Saat mereka tergeletak sakit, barulah mereka menyadari bahwa sakit itu mahal. Mitos bahwa “sehat itu mahal” terbalik dengan fakta yang terjadi karena sesungguhnya sakit itu sangat mahal . 

Saya merasakan saat sakit, selain menguras biaya untuk berobat, dokterr, rumah sakit , obat-obatan. Apalagi jika harus opname masuk rumah sakit, makin mahal dengan biaya produktivitas yang turun karena harus ambil cuti sakit . Jika divonis terkena penyakit kronis atau menahun membuat kita harus berhenti bekerja . Ini membuat hati kita sedih dong tak bisa bekerja sama sekali. 

Sayangnya, ada yang pengin sehat dengan cara diet menurut keinginan diri sendiri atau diet vegetarian. Tanpa pengetahuan yang luas tentang diet yang baik, mereka langsung mengambil inisiatif untuk diet vegetarian.

 “Sebenarnya, diet vegetarian itu sehat apa tidak sich?” Kemungkinan mereka yang badannya overweigth berpikir untuk diet vegetarian supaya langsing. Tapi ini sangat tidak direkomendasi oleh dokter gizi karena setelah mereka diet vegetarian, ternyata tubuhnya justru tidak sehat karena kekurangan kalori, lemak, kalium, asam folat . 

Diet vegetarian yang tidak melengkapi asupan makanan yang tidak dimakan sebaiknya harus menggantikan zat atau pilihan makanan yang tidak dimakan agar tubuh tidak kekurangan gizi. Sebagai contoh, jika tidak makan daging, ikan, ayam yang sebagai sumber protein, maka harus digantikan dengan kacang, kedelei yang fungsinya sama sebagai protein. 

Diet vegetarian juga perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan nutrien akibat dari dari tidak makannya suatu makanan. Apabila kita tidak makan nasi sebagai karbohidrat yang tinggi, maka perlu pengganti makanan seperti nasi merah karbohidrat sederhana . Apabila kita tidak makan daging dapat digantikan dengan kacang, kedelei. Apabila tidak makan ikan sebagai sumber protein dapat digantikan dengan tempe olahan berkhasiat menuruntkan total kolesterol LDL (Kolesterol jahat). Apabila kita tidak makan goreng-gorengan yang bersifat sebagai lemak fat atau jenuh, gantikanlah dengan makanan yang dikukus atau dimasak dengan microwave. Ddidapatkan dari daging merah, telur kuning, ikan, sayuran berwarna gelap.

Diet yang ideal adalah menyeimbangkan semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti kalsium, asam folat tinggi serat, vitamin E, zinc, kalori. 80% kalsium didapatkan dari susu, 20% zat besi.

 Disarankan untuk mengurangi berat badan , cukup 0.5 kg per minggu atau 2-4 kg per bulan. Tidak boleh lebih dari itu karena akibatnya akan terjadi diet yoyo artinya berat badan cepat naik tetapi juga cepat turun. 

Parameter berat badan yang ideal atau sehatadalah Indeks Masa Tubuh atau Body Mass Index (BMI). Angka ideal BMI adalah 18.5 -22.9 , jika lebih atau kurang dari ideal, berarti tidak sehat. Untuk mendapatkan BMI caranya adalah weight/berat badan (dalam kg) dibagi dengan height/tinggi badan (dalam cm) hasilnya tidak boleh melebih BMI ideal 18.5-22.9.

Pola Makan Gizi Seimbang :
setyarto, Edy Cahyono.com

Diperlukan untuk mengubah pola makanan menjadi makanan yang sehat dengan nutrien yang dibutuhkan oleh tubuh ktia, karbohidrat, lemak,protein, vitamin, mineral dan air. 
  • Karbohindrat, dapat diambil dari nasi merah, roti gantum, ubi jagung, dan singkong.
  • Protein, fungsinya sangat esensial karena sebagai zat pembangun, dapat diambil dari ikan.
  • Lemak, bahan baku dinding sel, pembentuk hormon, pilih yang sehat dan tidak digoreng. 
  • Air, nutrien untuk semua proses metabolisme tubuh kita . 
  • Vitamin, sangat vital dalam kehidupan , pengelolaan energi yang normal. 
  • Mineral dibutuhkan untuk kontraksi otot,saraf, produksi hormon, bahan baku tulang .

 Pola Hidup Sehat:
Fhazaiz Chisan.com
1. Konsumsi makan bergizi dan seimbang (nasi, lauk, sayur-buah dan susu) 
2. Cukup Konsumsi air (2-2.5 liter atau 8-10 gelas/hari) 
3. Istirahat cukup (6-8 jam/hari)
4. Hindari stress (fisik,psikis, biologis) 
5. Olaharga (minimal 30 menit, 2-3 kali/seminggu). Jenis olahraga disesuaikan dengan usia.

Gaya hidup sehat, perlu tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Namun, jika Anda merasa kesulitan dalam menurunkan berat badan atau mengalami penyakit harus perlu makan sehat atau mengatur menu sehat untuk keseharian makan siang dan malam, tak perlu khawatir lagi karena sekarang ini sudah Catering sehat di Jakarta, menyediakan diet sehat dengan menu sehat , bernama “Gorry Gourmet”. 


 Gorry Gourmet adalah sebuah katering yang berpengalaman dalam bidang penyajian untuk program weight loss (mengurangi berat badan dengan jumlah kalori tidak lebih 550 kalori),  low carb (karbohidrat yang rendah bagi penderita diabetes, autis, jantung) , muscles building (program pembentukan otot), special need (permintaan khusus), Gorry Petite (menu untuk anak usia 2-5 tahun).



Sajian atau menu dapat Anda pilih  sesuai dengan cita rasa yang Anda inginkan. Menunya pun bervariasi dan beragam , ada yang western, asian, italian styles kreasi dari chef yang sangat handal. Sangat menarik dan enak disantap, tapi selalu menomor satukan kesehatan dan gizi karena semua makanan itu diawasi ketat oleh ahli gizi 


Gorry Gourmet. Kemasannya pun sangat diperhatikan sekali , dalam kondisi optimal dan jauh dari paparan oksigen dan mikrooganisme, tahan dimasukkan 1 bulan disimpan dalam freezer.

 Bagaimana cara ordernya untuk memesan makanan sehat, diet sehat, dari catering sehat Jakarta? Sangat mudah, anda tinggal pesan paket yang Anda inginkan , satu hari sebelum pengiriman dengan menghubungi customer service , membayarnya sesuai dengan metode yang telah ditetapkan, lalu pengiriman pun dikirimkan sesuai alamat yang diminta. 

Nach, tunggu apa lagi, untuk menjadi sehat dengan gaya hidup sehat itu bukan suatu kesulitan lagi karena Gorry Gourmet sudah menyiapkan fasilitas ini untuk Anda. Silahkan hubungi contact Gorry Gourmet  sebagai berikut:


Selamat Hidup Sehat dengan diet sehat bersama Gorry Gourmet!