Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 Agustus 2017

Indahnya Bumi Indonesiaku: Danau Toba

Jalan-jalan  ke Danau Toba yang telah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas di Indonesia yang patut dikunjungi  karena memiliki sejarah dan panorama alam yang menawan.

dokumen pribadi
 Dengan kunjungan singkat 3D/2N ke Danau Toba, Anda akan mendapatkan pengalaman indah dari wisata budaya, alam dan wisata histori. 

Luas danau Toba sangat besar dan luas . Dinobatkan sebagai danau terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga menjadi salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 450 meter.

 Kawasan danau toba terbentuk dari letusan gunung api 75.000 tahun yang lalu. Muntahan dari letusan gunung api itu berbentuk gunung dengan luas 2.800 km bahan vlukanik dan membentuk gunung menyebar di sekitar Danau Toba.

 Akses menuju danau Toba sangat mudah sekali. Dulu sebelum tahun 2015, untuk menuju ke Danau Toba harus melalui Medan. Dengan jarak temput hampir 4 jam melalui beberapa kota seperti Lubuk Pakam, perkebunan kelapa sawit yang sangat besar.

 Sekarang akses menuju Danau Toba sudah sangat mudah. Pesawat yang melayani dari Jakarta langsung dapat mendarat ke Bandara Silangit di Siborong-borong - Tapanuli Utara Sumatera Utara: Sriwijaya, Lion Air, Garuda Indonesia, dan Wings Air.Dari Bandara Silangit disediakan menyediakan transportasi gratis menuju tiga tempat lokasi yang melalui akses Bandas Damri untuk tujuan Tarutung, Dolok Sanggul, dan Porsea secara gratis. 

Apabila naik bus atau kendaraan pribadi, saat mendekati Danau Toba dari arah Lubuk Pakam, Siantar mulailah jalan makin menanjak dan berkelok-kelok . Sampai di Parapat, kepenatan dan kejenuhan itu akan terhapus habis dengan terlihatnya pemandangan yang sangat indah, danau yang biru dan tenang. Nun jauh di atas di kejauhan terlihatlah pohon-pohon kehijauan bagaikan permadani. 
dokumen pribadi

Pemandangan Danau Toba itu yang menakjubkan dikelilingi dengan pegunungan di sekelilingnya saat saya melihat dari balkon sebuah hotel Niagara. Kemegahan dan keindahannya sangat mempesona dan membuat saya berdecak kagum sekali.

 Akomodasi sangat mudah hotel di Parapat diantaranya, Inna Parapat, Patra Jasa, Hotel Niagara, dan Hotel Pardede. Esok harinya ketika matahari telah terbit, kita dapat menumpang sebuah perahu penumpang untuk mengarungi danau menuju ke Pulau Samosir. Jarak tempuh hanya 15 menit.   Begitu menginjak kaki Pulau Samosir tepatnya di desa Tomok, suasana budaya batak sangat kental. Pengunjung diminta untuk mengenakan ulos. 

dokumen pribadi

Di desa Tomok terdapat situs peninggalan sejarah makam raja Sidabutar. Keunikan batu nisan yang terbuat dari batu alam berukir kepala manusia . Ada beberapa makam kerabat raja di sekitarnya. Setelah guide menjelaskan tentang sejarah kehidupan Raja Sidabutar dan tiga kerabatnya, kami kembali ke kapal kecil. 

Mengunjungi desa Amarita yang letaknya sangat dekat dengan Tomok. Begitu masuk kampung yang disebut dengan Huta Siallagan. Huta atau kampung dibangun oleh kelaurga marga Siallagan. Ada 8 rumah adat tradsional Batak yang berjajar . Rumah adat yang dijaga keotentikannya dan berumur ratusan tahun. 


Sebuah pohon yang disebut dengan Hau Habonaran merupakan pohon yang dipercaya sebagai pohon kebenaran dan keadilan. Adanya situs peninggalan yang berupa kursi-kursi batu tempat dilangsungkan persidangan para tetua kampung. Situs dikenal dengan nama Batu Persidangan, semua sejarah bukti peninggalan hukum batak kuno ada di Huta Siallagan.
dokumen pribadi

 Jika Anda datang persis bulan Desember , akan ada Pesta Budaya nasional Batak. Berbagai tarian lokal adat budaya Batak disuguhkan. Kekayaan alam dan kekayaan adat menjadi suatu pesona yang tak habisnya dinikmati. Tour Medan-Toba-Medan, 3 hari 2 malam, sungguh terlalu cepat. 

Hari terakhir kembali ke Medan, melalui Ngarai Sigura-gura nan indah dan kota Brastagi yang dingin, dengan pelbagai hasil pertanian.

Indahnya Bumi Indonesiaku, tidak hanya sekedar mengunjungi dan mengagumi kekayaan alam, tetapi juga menjaga, melestarikan serta mengexplore kekayaan nasional Indonesia . Yuk, kita ikut jalan-jalan di bumi Indonesia.