Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

29 Mei 2017

Mengelola THR dengan Bijak



Bagi para karyawan tetap maupun tidak tetap, THR adalah insentif yang selalu ditunggu-tunggu. Belum menginjak puasa pun sudah terpikir dan terbayang akan menerima THR.

 Agar THR itu dapat dialokasikan dengan tepat penggunaanya, lebih baik jika mereka yang akan menerima THR itu sudah membuat anggaran yang akan digunakan apabila THR diterima. 

Harus diingat bahwa sebenarnya THR itu untuk kebutuhan Lebaran, jadi kebutuhan selama puasa sebaiknya tidak menggunakan dana THR 

Berikut ini adalah tips yang sangat baik apabila mereka yang menerima THR dapat mengalokasinya dananya sesuai dengan kebutuhan: 

1. Tentukan Anggaran 

Sebelum menerima THR, Anda harus membuat anggran khusus yaitu menentukan pos-pos pengeluaran selama bulan Ramadhan dan kebutuhan pada saat Lebaran Anggaran harus dibuat secara rinci dan jelas sehingga kita dapat mengetahui berapa besar pengeluaran yang harus dipakai selama Ramadhan.

 Pengeluaran yang biasanya dilakukan menjelang hari raya ini seperti membayar zakat, bersedekah, serta membeli makanan dan minuman selama Ramadhan dan untuk hari raya nanti. Jika harus mudik , tentukan budget berapa transportas, biaya lainnya karena anggaran ini biasayanya yang paling besar. 

2. Tentukan Skala Prioritas 

Setelah membuat anggaran, anda prioritaskan, mana yang menjadi kewajiban yang harus segera dibayarkan lebih dahulu dan mana yang dapat diangsur pembayarannya. Jika mudik adalah pilihan utama, maka pembayaran untuk tiket mudik harus diprioritaskan lebih dahulu. Setelah itu pengeluaran yang lainnya seperti biaya selama perjalanan dan zakat.

 3. Bayar Hutang:

 Lebih Dulu Jika sebelumnya anda memiliki utang yang harus dilunasi, buatlah prioritas utama untuk pelunasan hutang dalam urutan pertama sebelum membeli kebutuhan sehari-hari. Segala kewajiban perlu dilunasi sebelum dapat membelanjakan yang lainnya.

 4. Berikan THR Kepada Asisten Rumah Tangga:

 Jangan lupa untuk memberikan THR juga pada Asisten Rumah Tangga anda di rumah, sebelum dia juga pergi mudik ke kampung halamannya. Berikan hak nya sesuai dengan kerja keras yang dilakukannya untuk keluarga anda.

 5. Jangan Menggunakan Kartu Kredit

 Saat menjelang hari raya, memang akan banyak penawaran menarik dari berbagai produk yang menarik perhatian kita. Salah satunya adalah promo dengan kartu kredit. Namun, sebaiknya anda tidak tergiur untuk berbelanja produk hari raya dengan kartu kredit, karena nantinya tentu anda akan menerima tagihan pembayaran, dan anda tetap mengeluarkan uang untuk pelunasan setiap bulannya. Bukannya tabungan anda bertambah, malah akan berkurang karena harus membayar cicilan hutang kartu kredit.

 6. Maksimalkan Tabungan dan Investasi 

Walaupun bulan Ramadhan dan juga menjelang hari raya tampak seperti hari yang bahagia dan banyak liburnya, namun, anda harus tetap mawas diri untuk tidak lupa berhemat dan tetap menabung atau berinvestasi seperti sebelumnya. Pengeluaran anda memang akan lebih besar pada bulan istimewa ini, namun jika anda menganggarkannya dengan baik, dan jelas semuanya akan berjalan teratur, termasuk tabungan yang anda kelola juga akan tetap terpenuhi untuk kebutuhan di masa yang akan datang. 


Yuk, kita kelola THR dengan bijak agar  pemakaian dan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan yang memang dianggarkan bukan sesuai dengan keinginan kita.