Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

5 November 2016

Tumbuhkan Motivasi Dalam Bekerja


Motivasi adalah suatu hal yang fundamental sekali . Jika kita bekerja tidak memliki motivasi sama sekali, kita akan bekerja tanpa arah, akhirnya tujuan hidup kita tidak tercapai. 

Jika motivasinya tidak kuat, atau lemah, tidak bersemangat, luntur semangatnya, maka hal ini akan berujung dengan produktivitas yang maksimal. 

Bagaimana mengatasinya?

Motivasi yang mengendur dapat terjadi ketika tantangan berkurang. Jika hal ini menjadi penyebabnya, Anda bisa mencoba mencari tantangan baru. Tidak perlu pindah pekerjaan. Lebih baik menyusun rencana kerja dan pendelegasian tugas baru. Jangan ragu untuk berinovasi. Misalnya, menciptakan program-program baru yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pekerjaan. 

Anda bisa mengingat kembali tujuan-tujuan awal dalam bekerja. Cobalah menanyakan diri sendiri, apakah tujuan-tujuant tersebut telah tercapai? 

Jika baru beberapa tujuan yang telah tercapai, saatnya Anda menyelesaikan sisa tujuan yang belum diraih. Hal ini akan membuat semangat kembali dalam bekerja. 

Daya juang yang menurun bisa jadi karena Anda telah mencapai hal yang diimpikan selama ini. Sebaliknya tercapainya mimpi tidak lantas membuat perjuangan selesai. Justru karena satu mimpi telah tercapai, carilah mimpi baru untuk diraih terkait dengan pekerjaan. Tentukan mimpi yang sangat tinggi dan langkah yang spesifik untuk mencapainya. Hal ini akan akan memotivasi kembali diri Anda. 

Semangat dan motiviasi bekerja dapat memudar akibat keletihan dan beban pikiran yang tinggi. Solusinya tidak lain dengan berlibur sejenak . PIlih satu waktu dan ambil cuti untuk refreshing. Berikan waktu yang cukup untuk diri sendiri untuk refreshing dan lepaskan beban pikiran sejenak.Saat kembali bekerja. Anda bisa memperoleh semangat baru.

 Apabila dalam kondisi stagnan, Anda bisa melakukan refleksi diri dan mengevaluasi hal-hal yang telah dilakukan selama ini dalam bekerja. Meskipun tujuan telah tercapai, bisa jadi Anda masih melakukan beberapa kesalahan dan kekurangan. 

Temukan kekurangan dalam diri sendiri dan cobalah mengatasinya. Agar kesalahan tidak terulang, cobalah mempelajari factor yang memicu kesalahan, melakukan langkah antisipasi, dan mengusahakan agar kesalahan tidak terjadi pada kesempatan berikutnya.