Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

9 November 2016

Pesona Melbourne di Musim Panas

Wisata ke Australia di musim panas jadi dambaan bagi setiap orang yang ingin berlibur menikmati liburan musim panas. Melbourne jadi kota impian banyak orang ketika mengunjungi Australia. Melbourne beribukotakan Victoria merupakan kota terbesar kedua di Australia.

 Kota terpenting kedua di Australia dari segi bisnis. Fasilitas hiburan yang disediakan sebagai salah satu obyek wisata Melbourne membuat kota ini berturut-turut dinobatkan sebagai kota yang paling nyaman untuk ditinggali (The World Most Liveable Cities) di dunia.

 Sangat mudah untuk akses dan transportasi menuju tempat wisata, cukup datang ke “Visitor Informastion Centre”. Letak dari Visitor Information Centre persis di seberang Flinder Street Station. Di sana ada banyak customer service yang dapat melayani pertanyaan Anda, terdapat berbagai macam brosur dari berbagai tour atau travel yang disediakan oleh city tour’s company. Tinggal pilih, wisata alam, budaya, sejarah, museum, taman  , lalu bayar juga bisa melalui Customer Service. 

Urusan tiket, tour atau travel dan wisata ke Melbourne, Anda tidak perlu khawatir, tinggal hubungi H.I.S. H.I.S. menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisatamu 

Berikut adalah tempat-tempat yang harus kamu kunjungi di Melbourne:

The Shrine of Rememberance


Shrine Of Remembrance, melbourne.com

Letaknya di Birdwood Avenue, Melbourne . Untuk mencapai tempat ini, mudah dan strategis dari Flinder Street, kita menyeberang jalan dan naik tram hanya beberapa km. Waktu tempuh sekitar 10 menit, kita akan tiba di depan Shrine of Remembrance. 

The Shrine of Remembrance adalah Tugu Peringatan di Negara Bagian Victoria ditujukan bagi para pahlawan baik itu perempuan atau lelaki yang telah mengabdikan kepada bangsa Australia dalam konflik-konflik angkatan bersenjata dan operasi perdamaian selama sejarah bangsa itu. Alasan tempat dimana Shrine dibangun adalah karena ketinggian lokasi yang memungkinkan terlihat seperti siluet pada saat kita berdiri maka akan terlihatlah Pencakar Langit kota Melbourne.

 Pada saat pembangunan, the Shrine dapat dilihat dari kota satelit, teluk dan kota, tempat ini sangat tepat untuk tempat yang disebut berkarakater tempat suci dan sepi. Dibangun tahun 1928 sampai 193, the Shrine didesign oleh arsitek Philip B.Hudson dan James H.Wardrop. Design mereka sangat terinspirasi oleh salah satu dari tujuh keajaiban dunia kuno- makam King Mausolus di Halicarnassus- dipilih dari 83 kontes kompetisi.


Shrine Remembrance adalah salah satu dari tempat yang tersuci dan terpenting di Melbourne. Tempat ini untuk penghormatan dan penghargaan kepada mereka yang telah membayar mahal atas pengorbanan yang sangat penting kepada bangsa , dan mereka yang telah membaktikan dirinya. 

 Fitzroy Garden & Capten’s Cook



Fitzroy Garden, dokumen pribadi
 Letaknya tak berjauhan dengan Shrine of Remembrance. Persisnya di 230-298 Wellington Parade, East Melbourne VIC 3002. Dekat sekali dengan Gedung Parlemen. Luasnya sekitar 26 ha dipenuhi dengan pepohonan yang besar dan pohon sakral. 

 Ditengah-tengah terdapat sebuah kolam yang sangat indah dan menyenangkan, harmoni antara bunga, bebek ikan dan air mancur. Tempat Conservatory dimana sering dipakai untuk foto pengantin. Di pelbagai tempat ada tempat disediakan kursi untuk istirahat. Dilarang menaiki sepeda di dalam taman.


Captain's Cook  / dokumen pribadi

 Di sebelah timur dari Fitzroy Garden ada sebuah pondok yang pernah dihuni oleh Captain James Cook, penemu dari East Coast Australia. Pondok atau cottage yang asli berada di Yorkshire, Inggris pada tahun 1755. Cottage itu dibeli Russell Grimwade in 1933, lalu dibawa setelah dibongkar dan dipasang kembali pada April 1934. 

Great Ocean Road.


Great Ocean Road
 Melintasi sepanjang “Great Ocean” tak lepas-lepasnya mata dan jiwa memandang dan menggagumi keindahannya bak karya Maestro, karya besar dari keagungan Yang Mahakuasa, batu-batuan di tengah lautan yang luas. 

Bulan Desember adalah musim panas tetapi cuaca sering cepat berubah menjadi mendung. Namun, tak mengurangi semangat pemandu kami untuk terus berbicara memberikan penjelasan apa saja yang menarik. Begitu keluar dari pinggir kota Melbourne terlihatlah panorama tanah pertanian yang mengering . Di sebelah kanan terlihat bangunan untuk pabrik. 

  • TORQUA 

Perjalanan menuju Torqua, suatu tempat untuk istirahat di tempat rest area untuk menikmati Teh Devonshire. Udara dingin menyergap, angin kencang menghembus sangat kencang, tempat yang sangat dikenal dengan pantai-pantainya tetapi saat itu udara di tempat itu seperti udara pegunungan. Semua penumpang dipersilahkan untuk istirahat makan pagi dengan kue pancake dan minuman hangat teh. 

Sangat praktis makan kecil dan minum hangat. Perjalananpun dilanjutkan, kami menuju Rumah Bell Beach dari Pemenang Peselancar Dunia. Rumah-rumah yang sangat menyenangkan karena dibuat seperti villa dari kayu . Sangat sederhana tapi unik dan design yang artistik untuk rumah pantai. Jarak rumah dengan pantai agak jauh sekitar 4 meter dipisahkan dengan jalan raya.

 Rumah-rumah itu dipenuhi bunga-bunga musim panas, menambah indah dan kenyamanan mendengarkan deru ombak dan riak-riaknya. Perjalanan dari tepian pantai sangat indah, walaupun jalan makin menyempit, mendaki ,berliku-liku tetapi di sebelah kiri jalan adalah laut biru yang begitu indahnya, di kanan jalan adalah bukit tinggi dan terjal.

 Mata tak lepas-lepasnya memandang dan menikmati keindahannya, alam laut memang sangat indah. Kami melalui sebuah kota yang cantik dan indah panoramanya,Angelesea, Lorne Wye River. Kota yang agak ramai karena dilengkapi dengan toko-toko sepanjang jalan dan sebelah kiri adalah taman dan teman bermain bagi anak-anak yang lebih dekat ke laut.

  •  APPOLO BAY 

 Udara sejuk, sangat tepat untuk makan siang yang sangat enak ,hidangan khusus bagi tamu kami, jika anda memang menyukai whine, anda dipersilahkan order tapi harus bayar sendiri. Makan siang kami di Apolo Bay, di hotel dan restoran yang sangat terkenal karena di depannya terdapat pantai putih dan indahnya. Ternyata betul menu yang dihidangkan ada 3 pilihan, spagheti atau fish chips atau chicken chips. 

  •  OTWAY NATIONAL PARK :

Selama perjalanan, Anda dapat melihat. di kanan kiri kami terlihat pohon-pohon tinggi dan semak belukar , hutan ini disebut atau dikenal bernama “Forest of Otway National Park”.

Di dalam hutan ini sangat banyak komunitas Koala. Sambil menunjuk ke sebuah pohon, Anda dapat melihat beberapa koala ada di atas pohon sedang tidur. Di siang hari dia tidur, pada malam hari dia akan turun untuk mencari makan katanya. Koala sangat dilindungi sebagai satwa yang langka. Pada siang hari Koala itu tidur di atas pohon. Mereka sangat terlindung dan ada tanda larangan untuk berburu Koala di tempat Perlindungan ini atau dikenal sebagai Forest of Otway national Park.

  •  12 APOSTLES

 Dilanjutkan menuju jalan yang semakin sempit tetapi di kanan kiri jalan kami melihat pemandangan yang sangat luar biasa indahnya, lautan biru dan pasir putih menghampar bak permadani. Sulit dilukiskan. 

Anda dapat berjalan menuju ke suatu tangga. Menuruni tangga, dipagari oleh besi beton, memandang ke dua belas batu-batuan ditengah lautan luas. Ke dua belas batuan itulah yang disebut “Apostle Great Ocean”. Pilihan lain , bagi mereka yang ingin menikmati Apostle Great Ocean lebih jelas dari udara bebas, dapat naik helikopter dengan sewa selama 30 menit.

  •  LOCH ARD GORGE & LONDON BRIDGE 

Perjalanan kembali ke Melbourne melalui sebuah tempat yang dipercayai sebagai cerita tragis dari karamnya sebuah kapal dan pemandangan yang sangat indah dari deretan formasi batuan di Loch Ard Gorge. Tak jauh dari London Arch, kami melihat dua bebatuan besar yang terpisah, Sebelumnya bebatuan itu dekat dengan pantai, tetapi tiba-tiba pada tanggal 15 Januari 1990 tanpa diduga terpisah dan orang-orang yang berada di tempat itu ditolong oleh helikopter. Tidak ada seorangpun yang terluka. Sebelum terpisah , tempat itu dikenal dengan London Bridge. 

 Grampians National Park. 


Pemandangan alam yang sangat indah dan surga bagi pecinta alam dengan pemandangan yang menakjubkan di seluruh tempat Temukan air terjun yang megah, formasi batuan yang spektakuler dan pemandangan panorama. Temukan tamasya hutan dengan kangguru. Anda dapatatuh cinta dengan keindahan pemandangan di Grampian secara keseluruhan. Anda juga dapat menemukan Kangguru di sini.
Kangguru, melbourne.com


Anda dapat mengexplorasi Hutan di Grampians township of Halls Gap. Ada gallery yang menunjukkan beberapa hewan yang berada di hutan itu. Jenis dan berapa lama mereka hidup, sangat lengkap informasinya. Bahkan,  Anda dapat belajar tentang Aborigin dari gambar, foto serta ulasan singkat bagaimana awal mula mereka berada, usaha dan budaya ,ekonomi mereka.

 Grambuk: The National Park & Cultural Centres adalah tempat yang sangat unik di Grampians . Disini kita dapat mengenal lebih dalam dengan informasi dari foto dan keterangan yang sangat detail dari Budaya dan suku bangsa asli Australia yaitu Aborigin. Menuju puncak dari Wonderland Turntable menuju Grand Cannyon, menikmati indahnya pemandangan yang luar biasa. Sejauh mata memandang, keasrian alam hutan bercampur dengan danau yang asri.

 Lalu menuju MacKencis Falls, sebuah air terjun. Panas udara membuat perjalanan sangat sulit karena harus menuruni kedalaman hampir 10 km. Tetapi tempat untuk menuruni sudah sangat aman dibuat dari plester bebatuan yang sangat aman. Sebelum kembali, kami sekali lagi mendapat keindahan alam dari Bukit Boroko yang menjulang.

 Kuliner : 


Bacon and Salmon Tasmanian

http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/

Warga Australia kerap mengambil tradisi kuliner dari negara lain dan menyajikannya tidak dengan cara yang tradisional. Warga Australia juga menggunakan bahan-bahan makanan dengan cara-cara yang inovatif. Karena itulah Anda akan mendapati dalam daftar menu antara lain makanan seperti baklava isi jeroan babi, burger keju haloumi goreng dan roti kismis Turki. Jika Anda memasuki sebuah cafe di Australia,

 Anda kemungkinan akan menemukan menu sarapan yang berbeda dibandingkan dengan tempat-tempat lain di dunia. Seperti roti panggang lapis alpukat dan keju feta, yang merupakan olesan sangat populer di Australia. 

Ini sebenarnya bukan kombinasi makanan yang umum karena alpukat berasal dari Amerika dan feta berasal dari mediterania dan disajikan dengan roti panggang yang merupakan panganan utama masyarakat Anglo-Amerika. Seperti dikatakan kritikus kuliner Australia, John Newton yang mengutip kata-kata dari Salman Rushdie : Kuliner Australian adalah ....'sebuah lagu cinta bagi beragam hal didalam diri kita, rasa, bahan-bahan dan keaslian yang membocorkan satu sama lain' 

Flat White Coffee 

http://www.radioaustralia.net.au/indonesian/

White cofee merupakan culuter yang sangat kuat di Melbourne. Kedai kopi, kafe ada dimana-mana.Mereka menyediakan white cofee untuk sarapan pagi sebelum bekerja atau kuliah.

Ada banyak makanan yang disajikan di Australia yang sebenarnya merupakan makanan tradisional di negara asalnya, dan tidak banyak berubah juga sebenarnya ketika disajikan di Australia. Jadi hamburger di Australia tidak terlalu berbeda dengan hamburger yang ada dimanapun (meskipun orang Australia senang menyelipkan irisan buah bit ( beetroot). Meski demikian ada beberapa pengecualian, dimana modifikasi dari makanan tradisional itu lebih dianggap sebagai versi Australia dari makanan tradisional yang dinilai lebih unik.

 Dua contoh terkenal dari kreasi ulang makanan tradisional di Australia adalah: the flat white, yang merupakan gabungan antara kopi ala Italia. Dan baru-baru ini yang cukup terkenal, sparkling shiraz - minuman anggur yang diciptakan dari kecintaan pada angur merah tradisional dan keinginan untuk menyajikannya dengan cara yang sesuai dengan iklim Australia yang hangat.