Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

11 November 2016

Modal Besar Masa Depan Anak

pixabay


Modal untuk membesarkan anak Anda bukan UANG. Uang memang sangat penting sekali untuk memfasilitasi semua keperluan pendidikan anak Anda. Namun, ada hal yang paling penting dalam pendidikan adalah orangtua dapat membesarkan buah hatinya dengan pendidikan yang bagus tetapi juga dapat survive menjalani kehidupan. Semua instansi pendidikan berlomba-lomba menawarkan kebutuhan anak untuk mewujudkan mimpi anak Anda. 

Di lain pihak, seperti dilansir oleh Harian Kompas, hasil test PIAAC atau Programme for the Internasional Assesment of Adult Competencies yang terbaru, survey terhadap kecakapan orang dewasa yang dilakukan oleh OECD (organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan) menunjukkan hasil yang sangat memprihatinkan.

 Indonesia terpuruk di peringkat palign bawah pada hampir semua jenis kompetensi yang diperlukan orang dewasa untuk bekerja dan berkarya sebagai anggota masyarakat. Salah satunya adalah kemampuan literasi ,numerasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Skor Indonesia terendah di hampir semua kategori umur. Ini berarti ada yang salah dalam kebijakan pembangunan kualitas Indonesia. 

Mari kita tengok konsep pendidikan yang berada di Indonesia. Menengok ke belakang tahun 2001, Departemen Pendidikan Nasional mengembangkan konsep pendidikan kecakapan hidup (Life Skill Education), suatu pendidikan yang dapat dibekali peserta didik dengan kecakapan hidup yaitu keberanian menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara kreatif menemukan solusi serta mampu mengatasinya. 

Oleh karena itu life skill harus dimiliki dan dikuasi sejak dini, agar anak-anak mampu berperan aktif dalam lapangan kerja yang ada, serta mampu berkembang. Bekali life skill sejak dini pada anak-anak juga akan membuat mereka punya peluang besar mencapai tujuan hidupnya. Kemampuan-kemampuan ini meliputi kemampuan untuk berpikir (kognitif), emosional, dan ketrampilan, menjalin relasi dengna orang lain. Life skill meliputi area yang sangat luas baik secara fisik, kognitif, dan psikososial. 

Sehingga jika anak dapat menguasi lifeskill, maka anak akan menguasi ketrampilan untuk menyesuaikan diri di berbagai situasi kehidupan. Langkah-langkah life skill yang perlu dimiliki anak, Anda dapat klik di sini.

Prinsipnya manusia adalah mahluk yang berkembang melalui tahapan-tahapan. Artinya apa yang dikembangkan pada usia anak akan menjadi modal dasar, landasan untuk pengembangan di usia-usia selanjutnya. Kalau kita berharap di usia deasa seseorang mampu mengelola emosinya, maka pembentukan ketrampilan mengenali emosi dan mengelolanya sudah terlambat. 

Sumber:  Klub Nova