Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

4 Oktober 2016

Tempat Anak Bertumbuh

Banyak yang beranggapan bahwa anak bertumbuh di rumahnya karena sebagian besar waktu anak berada di rumah. Sebagian besar lagi beranggapan bahwa sekolah tempat bertumbuh anak. Sebenarnya, dimana anak itu akan bertumbuh?

 Ada Adagium, It takes a vilalge to raise a child. Seorang anak punya kemungkinan terbaik untuk berkembang menjadi anak dan orang dewasa yang sehat jika orang-orang di sekitranya berkontribusi dalam merawat sang anak. PErtumbuhan anak yang didukung oleh orang dewasa atau sekitarnya itu dapat ditemui baik itu dalam lingkungan yang formal maupun tidak formal. Jika kita ajak anak-anak itu ke tempat yang nyaman, bebas untuk menemukan dan menciptakan kreativitasnya, dia akan segera dapat memenuhi imajinasinya. Dari kecil anak-anak punya kreatividtas dan aktivitas non akademi .

 MEreka bisa ikut ekskul yang berbasis dengan karakter. Misalnya ada papan besar, disana anak bisa menuliskan apa yang menarik hatinya jika dia nanti besar . Ada yang menuliskan "If I had one more day to live, I would....". Di bawahnya anak-ank mengungkapkan pikirannya ""Throw kindness and happiness around like confetti", "Donate all my organs", atau "Forgive others"

Sebuah kreasi yang diciptakan karena situasi nyaman itu membuat anak bisa berpikir dengan tenang dan out of the box. Tetapi sejak awal anak itu bisa berkembang daya nalar dan pikirnya itu karena adanya mitra kerja sistem belajar dan mengajar baik itu di sekolah yang menyediakan atmosfer yang menyenangkan. Sikap dan karakter akan melengkapi pengetahuan yang didapatkan dari sekolah. 

Jangan sampai sekolah hanya mementikan pendidikan akademik tanpa peduli dengan pembentukan karakter. Knowledge atau pengetahuan itu sifatnya tidak everlasing, harus diperbaruhi terus menerus. 


Sedangkan pendidikan karakter itu membantuk anak secara everlasting. Ada lima poin yang penting yang tak dapat ditinggalkan, expected schoolwide learning result. Lima poin itu akan menjadikan anak efketif dalam bahasa baik itu Indonesia maupun Inggris secara global dan menjadi penatalayanan yang baik bagi lingkungan dan secara akademis jadi pembelajar seumur hidup. Ayo, tugas orangtua yang baik adalah mencari tempat anak bertumbuh dan berkembang menuju kelima poin itu . Selalu evaluasi dan meningkatkan diri untuk tetap jadi orangtua dimana anak dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan lingkungan yang baik.