Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

11 Oktober 2016

Pesona Agrowisata Jateng #VisitJawaTengah

Agrowisata, jadi pilihan wisata yang sangat istimewa bagi Anda selain menikmati keindahan alamnya, edukasi pemetikan teh jadi pengalaman yang tak ternilai.   Nikmatilah keindahan sebuah hamparan hijau perkebunan teh di area perkebunan milik PT. Pagilaran  dengan mengunjunginya. Perkebunan teh PT. Pagilaran berada di dua lokasi . Pertama letaknya di kecamatan Blado, Kabupaten Batang,Jawa Tengah .  Kedua letaknya di Tambi, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 

Keistimewaan yang dimiliki Perkebunan teh di Batang: 



www.pagilaran.com
Keunikan agrowisata perkebunan teh ini adalah Anda dapat berwisata bersama keluarga menikmati indahnya pemandangan kehijauan perkebunan teh , menyeruput nikmatnya teh yang hangat, ditengah dinginnya udara dari perbukitan Dieng.  Suasana yang sepi, alam pedesaan dengan hamparan hijaunya teh, udara yang dingin, sangat menyejukan hati dan pikiran menambah kesegaran pikiran .

www.pagilaran.com



Sementara anak-anak atau cucu-cucu dapat bermain di tengah-tengah atau seputar kebun teh tanpa takut bahaya jalan besar. Mereka dapat mandi di air terjun Binorong atau Curug Kembar.  Wisata Petik teh yang terdiri dari tea walk dan tea factory jadi pilihan tepat untuk agrowisata karena sambil piknik di kebun teh, kita dapat melihat cara pemetikan daun teh oleh pemetik teh. Hasil petikan daun teh itu ditimbang , diseleksi kuncup-kuncup melati. Para pemetik melati memperoleh upahnya sesuai dengan hasil petikannya di Desa Depok,Kecamatan Kanderman,Kabupaten Batang. Pelayuan teh dilakukan di pabrik PT.Pagilaran baik itu yang berada di Jawa Tengah maupun yang berada di Tambi. 

Setelah seharian mendapat pengetahuan tentang pemetikan daun teh dan prosesnya pemetikan sampai menjadi teh celup. Sebelum pulang dari perkebunan, kita dapat pulang membawa oleh-oleh teh awur dan teh celup yang tidak ada ditempat lain, dan rasanya pasti enak sekali. 

Lokasinya:

www.pagilaran.com

 Lokasi Pagilaran di Batang Jawa Tengah ditempuh 3 jam dari Semarang. Jika berangkat dini hari, bisa pulang di sore hari. Jika Anda datang dari luar kota dengan jarak tempuh yang sangat jauh, tidak perlu khawatir untuk penginapan.  Tersedia home stay :
Wisma Bougenvil
Wisma Gladiola
WIsma Asalea
Homestay/VIlla Amarilis
Homestay/Villa Alamanda I
Homestay/Villa Alamanda II
Homestay/Villa Alamanda III


Keistimewaan yang dimiliki Perkebunan teh Tambi, Wonosobo:


www.pagilaran.com


Sambil menikmati perkebunan teh penuh dengan hamparan hijau dan diselimuti dengan background gunung Sindoro, kita dapat ikut tur paket mulai dari memetik teh sampai mengetahui bagaimana pucuk daun teh diolah di pabrik dan menjadi teh yang siap seduh.Suasana tenang, sejuk , hamparan hijau memandang ke semua arah.  Wisata paket tea walk ada 3 rute yang disediakan:  Rute Pendek (1-2km);  Rute Menengah (2-3km);   Rute Jauh (3-9 km).

 Ada juga yang dapat mengikuti kombinasi tur ke tempat wisata lainnya di sekitar Tambi, menikmati terbit di Sikunir, Telaga Warna dan Kawah Sikidang. Setelah puas dengan pengetahun tentang teh, kita dapat mengunjungi pelbagai candi-candi yang berada Didataran Dieng. Sejarah pembangunan candi-candi kuno yang  menarik untuk diketahui. 
www.pagilaran.com

Jika ingin mengikuti tur ke tempat Sikunir yang sedang “beken” karena diminati oleh banyak orang melihat terbitnya matahari di sela-sela Gunung Sindoro, maka perlu penginapan di perkebunan Tampi. Penginapan tersedia 58 kamar dilengkapi dengan ruang pertemuan dan taman bermain untuk anak-anak.

Perjalanan dari tempat penginapan pukul 03.00 dini hari, jalan menuju dataran tinggi Sikunir sempit dan berkelok-kelok sehingga kendaraan harus berjalan pelan sekitar 1 jam untuk mencapai parkir. 


Setiba di lokasi terbaik, memandang matahari terbit, pengunjung harus berjalan kaki menanjak sekitar 30 menit. Di kanan-kiri sebagian jalan tapak menuju puncak Sikunir pengunjung disuguhi kebun cabai,tomat, wortel,kentang,kubis. Jalan setapak itu belum diaspal, hanya berupa tangga batu yang kokoh. Namun, pada saat musim hujan, sebagian jalan tapak yang masih berupa tanah itu akan licin, orang harus hati-hati karena rawan tergelincir.


Semua kelelahan untuk mencapai puncak Sikunir terbayar dengan munculnya perubahan warna langit di sekililingnya. Secara perlahan-lahan Gunung Sindoro menunjukkan sosoknya di antara barisan awan yang tak beraturan. 

Lokasinya: 



Untuk mencapai perkebunan teh Tambi, sangat mudah karena letaknya di pinggir jalan raya dan sangat dekat dengan kota Wonosobo. Lokasi Kebun teh Tambi,16. Km dari Wonosobo, tepatnya di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Agrowisata jadi ujung tombak usaha dari perkebunan itu. Perkebunan Tambi memiliki tiga unit perkebunan (UP). Dua UP yang lainnya berada di Bedakah, Desa Tlogomulyo, Kecamatan kertek,Wonosobo, UP Tanjungsari di Desa Sedayu,Kecamatan Sauran dan Kalikajar, Wonosobo.