Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

20 Oktober 2016

Menyapa Eksotisme 10 destinasi Utama di Indonesia

Posisi Indonesia dalam branding Pariwisata di Asia Tenggara menempati ke-47, Thailand ke-83 dan Malaysia ke -96.    Untuk meningkatkan branding pariwisata Indonesia, Menteri Pariwisata, Arief Yahya membuat strategi yang cukup signifikan .   Strategi pencapaian pariwisata tahun 2015 sebesar 7,3 juta sudah tercapai, secara regional 5.1% dan secara global capaiannya 4.4%.   Yang belum tercapai dalam bidang pariwisata adalah pengembangan destinasi .   Untuk itu dibuatlah strategi peningkatan dari 3 destinasi pariwisata Indonesia menjadi 10 destinasi pariwisata Indonesia.

Bangkitnya pariwisata Indonesia ditandai dengan Pencanangan 10 destinasi Utama pariwisata oleh Presiden Jokowi. Jika sebelumnya Indonesia hanya dikenal dengan “Bali” dan “Borobudur” sebagai destinasi wisata yang diandalkan. Sekarang ini, peta wisata Indonesia sudah lebih banyak yaitu 10 . 

Infrastruktur, promosi dan services baik dari pihak pemerintah maupun pengusaha yang bergabung dalam ASITA dan stakeholder yang lain (hotel, masyarakat) tengah berbenah diri untuk meningkatkan datangnya para wisatawan. Diharapkan wisatawan domestik maupun luar negeri dapat mengunjungi ke-10 destinasi wisata yang sangat menakjubkan. 

Nikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan dari masing-masing destinasi. Selain itu budaya local ,kuliner lokal maupun “handycraft” dari rakyat setempat, jadi nilai tambah dari keunikan wisata alam. Liburan akhir tahun sudah makin dekat.

 Rencanakan dan susun liburanmu ke tempat yang paling tepat .  Meluangkan waktu berlibur dari kejenuhan dan rutinitas akan berdampak positif . Pulang dari liburan, Anda akan mendapatkan semangat kerja dengan bertemu dan mendapat pengalaman yang indah dan mengurangi tingkat stres. 

Berlibur di tanah air sendiri tidak kalah dengan indahnya dengan liburan luar negeri.. Pemerintah pada 2016 inipun sudah menetapkan target di tahun mendatang kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 12 juta orang, dan wisatawan nusantara sebanyak 260 juta perjalanan.

 Berikut ke-10 destinasi pariwisata yang bisa Anda masukkan dalam menyusun rencana liburan tahun ini. 

Mandalika Mandalika Lombok 


www.pinterest.com
adalah suaka alam yang merupakan salah satu tempat di dunia yang paling unik. Di sini seni dan budaya lokal Lombok menjadi tuan di tanah mereka agar bisa dinikmati dan dipelajari oleh para wisatawan. Konon, Mandalika berasal dari nama seorang putri kerajaan di legenda suku Sasak. Legenda Putri Mandalika terjadi pada abad ke-16 lalu, ketika kerajaan kuno Tanjung Bitu diperintah oleh Raja Tonang Beru dan Seranting ratunya. Dan salah satu tradisi yang ditunggu oleh wisatawan adalah upacara bau nyale yang sudah menjadi agenda tahunan di Mandalika. 

Labuan bajo 

www.pinterest.com

 


Di Labuan Bajo tidak hanya ada Taman Nasional Komodo. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai merah. Dinamakan pantai merah karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink). Masyarakat lokal lebih suka menyebutnya pantai merah, sementara wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Warna merah muda yang lembut tampak kian jelas terutama saat pasir tersapu ombak. Pantai merah adalah satu dari tujuh pantai berpasir merah muda yang ada di dunia. 

Pulau Morotai


www.pinterest.com
adalah "Surga di Timur Indonesia". Detik menulis kekayaan bawah laut Pulau Morotai mempunyai lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan bagi Anda pencinta olahraga laut. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, dan Saminyamau. Untuk mencapai salah satu pulau indah yang ada di Maluku Utara ini, dari Ternate wisatawan bisa menggunakan perahu motor cepat selama satu jam perjalanan menuju Sidangoli. Dari Sidangoli perjalanan dilanjutkan selama tiga jam ke Tobelo menggunakan kendaraan darat. Dari kawasan ini perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu motor cepat selama 1,5 jam untuk sampai ke Pulau Morotai. Perjalanan yang panjang ini terbayarkan karena ketika sampai di sana, 

Anda akan disuguhi keindahan pantai yang landai dengan pasir putih dan airnya yang jernih. Selain itu, di Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, Maluku ini juga menyimpan sejarah peninggalan perang. 

Tanjung Kelayang

www.pinterest.com

 Hamparan pasir putih dan bebatuan cadas menjadikan pantai memiliki ciri khas pesona tanjung kelayang. Selain itu Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai menawan yang ada di Belitung. 

Danau Toba

www.interest.com

 Dlengkapi dengan pulau kecil di tengahnya, Pulau Samosisr ini dikenal memiliki pemandangan yang indah saat matahari tenggelam. Danau vulkanik yang memiliki panjang 100 km dan lebar mencapai 30 km ini masih menjadi salah satu primadona wisata di Sumatera Utara.

 Wakatobi


www.pinterest.com
 Wakatobi singkatan dari 4 pulau yaitu Waingi-Waingi, Kaledupa, Tomia, Binongko. Lokasinya Wakatobi sebelah selatan Sulawesi, terkenal dengan kekayaan alam laut , terdapat 942 spesies ikan dan 750 batu koral . 

Keindahan dan kekayaan Taman Nasional Wakatobi kedua terbesar di dunia setelah Great Barrier Reef di Australia. Wakatobi merupakan pantai berbatu koral terbesar dan sangat baik untuk diving. 

Gunung Bromo 

www.pinterest.com

Gunung Bromo merupakan gunung wisata volcano . Lokasinya berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di taman nasional yang memiliki luas 50.276,2 hektare ini terdapat sekitar 137 jenis burung, 22 jenis mamalia, dan 4 jenis reptilia. Kawasan ini juga menjadi satu-satunya tempat konservasi yang memiliki laut pasir seluas 5.250 hektare yang berada pada ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut. Selain mengunjungi Kawah Bromo, Anda juga bisa melihat aktivitas Suku Tengger yang terkenal sebagai pencari gamping .

Candi Borobudur 


Candi yang dibangun oleh Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra pada abad ke-8 dan merupakan candi Buddha terbesar di dunia yang menjadi salah satu keajaiban dunia. Terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, 40 km dari Yogyakarta, candi ini masih menjadi pilihan tepat untuk berlibur. 


Pantai Tanjung 

wi.salamo.com

Lesung Pasirnya yang putih dan pemandangan bawah lautnya yang menawan juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Kompas menulis, Anda dapat menikmati berbagai pilihan wisata yang ditawarkan. Wisata olahraga air seperti banana boat, kayak laut, dan jetski dapat dilakukan di Beach Club. Kawasan Tanjung Lesung juga bisa menjadi tempat untuk menyalurkan hobi fotografi. 


Kepulauan Seribu

Pulau PUtri

 Kepulauan ini dikenal dikenal sebagai taman nasional laut dengan cagar laut seluas 106 ribu hektare. Kepulauan Seribu terdiri dari tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Panggang, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan. Beberapa pulau yang dapat dikunjungi, Putra Putri, Sepa, AYer, Bidadari, Pelangi.Untuk mengunjungi Kepulauan Seribu dapat dicapai menggunakan kapal kecil yang bersandar di Marina Ancol.