Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

30 Oktober 2016

Facebook Luncurkan FIitur Jual-Beli “Online"

Orang Indonesia memang kreatif. Ketika Facebook digunakan banyak orang untuk “bertemu”” teman lama, kita memanfaatkan media sosial ini untuk berjualan. Melihat potensi tersebut, Facebook memfasilitasi hal tersebut melalui fitur online memang terbaru,yaitu Marketplace. 

Jual beli online memang sedang digandrungi di Indonesia, berbagai macam lapak online yang bekonsep market place selalu dipenuhi konsumen.Beberapa diantaranya yaitu Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. 

Facebook tak mau kalah dengan meluncurkan marketkplace. Seperti dikuti dari chip.co.id melalui fitur ini pengguna Facebook bisa menggunakan Marketplace sebagai tempat menjual barang atau mencari barang tertentu untuk dibeli.Pengguna bisa membuat daftar barang miliknya yang akan dijual pada diteman, grup,jaranginanya maupun jaringan lain. 

Tab Marketplace di laman Facebook berada di bagian bawah, baik untuk verisi IOS maupun Android.Namun, untuk saat ini fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat, Inggris, Australia, dan Selandia Baru. Pembaharuan versi desktop akan serga hadir di Negara lainnya.

 Menariknya, Facebook tak akan mengambil keuntungan dengan melakukan potongan tertentuuu dari setiap transaksi yang terajdi dalam Marketplace. Mereka menciptakan fitur Marketplace untuk meningkatkan pengguna dan kunjungan ke laman Facebook. Melalui fitur ini, pengguna Facebook yang kini mencapai 1,7 miliar di seluruh dunia diperkirakan akan terus bertambah.

 Facebook mengklaim tak akan ikut campur dalam proses terjadinya transaksi. Fitur dalam laman ini hanya bersifat sebagai meng hubungkan antara penjual dan pembeli .Jika pengguna menemukan sesuatu dan berminat untuk membeli barang yang ditawarkan di marketplace, calon pembeli diharuskan menghubungi penjual untuk kelanjutannya. Mulai dari tawar-menawar hingga lokasi pengambilan barang. 

Namun, Facebook menjamin tetap memperhatikan keamanan bagi penggunanya untuk bertransaksi di Marketplace. Sebagai catatan, tak semua hal bisa diperjualbelikan di Marketplace.Facebook telah membuat sebuah kebijakan yang berisi larangan untuk memperjualbelikan segala sesuatu yang berhubungan dengan hewan,senjata dan alkohol.