Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

21 Oktober 2016

10 Makanan Terbaik untuk Kebutuhan Otak Anak Anda


Banyak orangtua yang menginginkan anaknya pandai di sekolah. Namun, mereka kurang menyadari bahwa sebenarnya ada makanan yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan otak anak Anda, bahkan memperbaiki fungsi, memori dan konsentrasi otak anak Anda. 

Kenyataannya, otak adalah suatu organ yang “lapar”. Organ pertama dari tubuh yang langsung mengasup zat bergizi dari makanan yang kita makan adalah otak. Seorang ahli gizi , Bethany Thayer, MS, RD berkata kepada American Dietic Assoication (ADA): “Berikan tubuhmu makanan “junk food”, maka otakmu akan segara menderita”, katanya. 

Untuk tubuh yang sedang berkembang diperlukan berbagai macam gizi atau nutrisi , berikut ini adalah 10 makanan super yang dapat membantu anak dalam menguasai pelajaran di sekolah

1. Salmon: 

Ikan berlemak seperti salmon  adalah sumber OMEGA 3 asam lemak juga mengandung DHA dan EPA, keduanya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan fungsi otak. Bahkan dalam suatu penelitian dikatakan bahwa orang yang sedang diet pun jika makan asam lemak dari salmon akan memiliki kecerdasan dan hasil tes mental yang sangat baik.

“Tuna adalah sumber protein yang tentunya sangat baik, tetapi karena tuna hanya mengandung protein tanpa lemak, dan tidak memiliki omega 3 yang tinggi seperti Salmon. Sementara Tuna putih mengandung lebih banyak merkuri dari pada tuna kaleng, oleh karena dianjurkan agar tidak makan tuna albacano lebih dari 6 ons per minggu. Salmon dapat dimakan sebagai salad sandwich, campurkan salmon salad dengan mayo yang non fat dan youghurt non fait, raisin , seledri dan wortel dan mustard. Sajikan dengan roti gandum yang merupakan makanan terbaik untuk otak.

2. Telur 


Telur dikenal sebagai sumber protein yang terbesar , tetapi kuning telur juga dikemas dengan “Choline”” yang sangat membantu untuk perkembangan memori. Makan lebih banyak telor: Bawakan anak anda , sarapan paginya dengan sebutir telur . Untuk makan malam cukup 1 kali seminggu. Untuk variasinya buatlah telur “scramble” dan roti dibakar. Buatlah muffin di rumah atau gorenglah telur di atas roti gandum dengan topping dari keju tipis.


3. Selai kacang 

 

Selai kacang adalah sumber terbaik dari vitamin E, antioxidant yang melindungi otak dan system syaraf , penggunaan glukosa untuk energy. Makanlah lebih banyak selai kacang: Sandwich yang diolesi dengan selai kacang merupakan makanan yang favorit. APalagi jika ditambahkan dengan salad favorit diatasnya , sangat disukai oleh anak-anak.

 4. Roti Gandum 


Otak memerlukan pasokan glukosa yang konstan (terus menerus) , roti gandum adalah salah satu makanan yang tepat Serat membantu mengatur pelepasan glukosa ke seluruh tubuh. Roti gandum mengandung vitamin B yang sangat kaya untuk system syaraf.

 5. Sereal (Oats/Oatmeal) 


Sereal adalah salah satu dari sereal yang sangat disukai oleh anak dan sangat berigizi untuk otak. Sereal dapat menghasilkan energy atau pendorong bagi otak yang dibutuhkan oleh otak pada pagi hari. Dengan adanya serat, otak anak akan tetap penuh berenergi sepanjang pagi di sekolah. Sereal adalah sumber utama vitamin E, potassium, zinc yang membuat badan dan otak berfungsi dengan kapasitas penuh.

 6. Berries Strawberris, cherries, blueberries, blackberries.


 Secara umum, makin besar warna buahnya, berry makin bergizi. Berries membentuk antioxidant yang tinggi, khususnya vitamin C yang juga mencegah penyakit kanker. Banyak studi yang memperlihatkan memori yang diperbaiki dengan ekstrak blueberries dan strawberries. Makan lebih banyak berries: Tambahkan suatu aroma atau rasa yang enak pada berry sehingga rasanya makin enak

7. Kacang-kacangan

 Kacang-kacangan adalah makanan yang special atau khusus karena kacangan-kacang itu kaya dengan protein, karbohidrat komplek dan serat dan banyak vitamin dan mineral. Kacang-kacangan merupakan makanan yang terbaik untuk otak karena menyimpan energy dan level berpikir yang sangat tinggi pada saat siang hari ketika rasa kantuk datang. Makan lebih banyak kacang-kacangan: Sebarkan sedikit kacang-kacangan di salad . Ada juga yang menambahkan pada tortilla. Menambahkan kacang-kacangan pada saos spageti dan salsa.

 8. Sayuran yang berwarna warni: 


Tomat, kentang yang manis, wortel, bayam kayah dengan warna dan merupakan sumber makanan yang penuh dengnan oxitdant dan membuat otak tetap kuat dan sehat.

9. Susu dan Yogurt 


Makanan yang mengandung susu dikemas dengan protein dan vitamin B sangat penting untuk pertumbuhan dari otak, neurtotransmitter dan enzyms. Susu dan youghurt juga menyediakan banyak protein dan karbohidrat, sumber yang paling disukai bagi energy untuk otak. Minumlah susu rendah lemak untuk sereal, kalsium , vitamin D .

10. Daging sapi yang rendah lemak


 Zat besi adalah penting untuk mineral yang membuat anak tetap energy dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi rendah lemak adalah salah satu sumber yang mudah terserap dari zat besi. Cukup 1 ons 1 hari akan membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber yang lainnya. Beef juga mengandung, zinc yang membantu memori .