Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

30 September 2016

Pentingnya Asupan Gizi Seimbang dan Akivitas Fisik bagi Anak

www.pixabay.com

Sudah menjadi fenomena umum bahwa anak-anak milineal itu kurang aktivitasnya. Mereka memegang gadget dan duduk tenang dan menikmati bermain dengan gadgetnya. Lupa jika mereka perlu untuk beraktivitas. Aktivitas yang sangat penting. Jika tak beraktivitas maka hal itu akan berdampak buruk bagi mereka. Makan terus tanpa adanya gerakan atau aktivitas menyebabkan asupan menumpuk dan akhirnya timbul obesitas. 

Disamping kegiatan fisik, perlu memastikan adanya makanan yang bergizi baik bagi anal. Kebutuhan gizi itu harus menjadi perhatian orangtua. Terlebih karena orangtua memiliki tanggung jawab agar anak punya fondasi yang kuat ,aktif, sehat hingga dewasa. Namun, orangtua menghadapi beberapa kendala dalam pemberian asupan gizi bagi anaknya. Kurang waktu untuk menyiapkan , orangtua lebih suka membeli yang instan daripada memasak sendiri. 

Sebuah penelitian dari South East Asia Nutrition Sursvey yang dilakukan pada anak usia 6 tbulan sampai 12 tahun memperlihatkan stunting 9pendek) masih menjadi masalah besar. Menurut WHO hampir 40 persen di pedesaan masih terlalu pendek untuk usia mereka. Sejalan dengan penemuan itu ditemukan adanya defisiensi vitamin D,kalsium, dan nutrisi mikro lainnya serta peningkatan pada prevalensi berat badan tidak sehat pada anak-anak. 

Selain itu anak Indonesia dianggap tidak aktif Karena memiliki jumlah langkah sehari-hari yang terlalu sedikit. Penelitian itu menunjukkna bahwa orangtua perlu memperhatikan kebutuhan giizi dan keaktifan anak mereka. Penelitian itu juga menyarankan agar anak-anak yang lebih rutin minum susu dan aktif berolahraga cenderung memiliki berat badan yang normal.

 Susu satu jawaban dari bagi para orangtua untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak. Susu merupakan warisan membantu mengeluarkan potensi terbaik dari tubuh dan pikiran mereka karena di dalamnya terkadnung gizi yang cukup lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak serbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Seorang anak dianjurkan untuk sedikitnya minum susu satu kali sehari sebelum beraktivitas.

 Melalui program kampanya “Drink More, Be-Strong” ,anak-anak diajak untuk meminum sedikitnya segelas susu setiap hari dan menjadikannya sebagai bagian dari gaya hidup sehat.anak-anak didorong hidup sehat dan aktif olaharga rutin dan bermain di luar ruangan seperti main bola basket, sepakbola, tennis dan lainnya. 

Drink More, Be-Strong tidak hanya membimbing anak-anak sedari kecil untuk hidup sehat dengan pola makan gizi seimbang serta tidak lupa untuk terus minum susu dan bergerak aktif. Jika anak sehat, maka keluarga pun ikut sehat dan kuat karena peran orangtua sangat penting untuk membentuknya sedini mungkin.