Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 September 2016

Liburan Ceria Bersama Anakku Tercinta



www.pixabay.com

Rasa bosan dan jenuh selalu melanda kepada siapa pun, termasuk saya dan anak saya. Saya memiliki pekerjaan rutin di kantor dari jam 7 sampai 5 sore , bahkan sampai rumah sampai petang hari. Sementara, anak pun punya kegiatan rutin tiap hari sekolah jam 7 pagi hingga 14.00 dan diikuti dengan berbagai kegiatan les seperti mandarin, matematika.

Tak heran, jika saya dan anak saya ingin sekali keluar dari kegiatan rutin dengan mengadakan piknik bersama. Mendengar kata “piknik” , anak saya langsung gembira dan riang sekali wajahnya. Berkali-kali dia bertanya kepada saya: “Kapan mamah pikniknya?”. Saya mengatakan nanti jika ada  libur besar (libur besar artinya libur kenaikan kelas). Saya berjanji kepadanya untuk ambil cuti untuk piknik bersama. Piknik menjadi kebersamaan dan keceriaan bagi saya dan anak untuk menghilangkan rasa jenuh. Walaupun waktunya masih sangat lama , 3 bulan lagi, saya sudah persiapkan diri untuk ambil cuti . 

Saat saya sudah siap dengan persiapan piknik seperti booking pesawat, hotel dan tempat-tempat liburan yang khusus dan tepat untuk anak-anak seusia anak saya. Namun, menjelang hari-hari H, tiba-tiba anak saya yang biasanya rajin bangun pagi, belum juga bangun padahal hari sudah siang. Lalu saya intip kamarnya. Dia masih berselimutan, dan mukanya yang sangat merah, dan badannya kelihatan sangat lemas. Tanda-tanda bahwa dia sedang sakit, membuat saya panik.

Segera  tangan saya menyentuh ke dahi, tubuhnya dan lehernya. Terasa suhu yang sangat panas dan tubuhnya sedikit menggigil karena panas yang tinggi. Saya pun segera mengambil termometer. Termometer menunjukkan bahwa suhu badannya panasnya 39 derajat celsius. 
www.pixabay.com

Segera saya pun pergi ke lemari es untuk mengambil “Tempra”. Obat yang menjadi andalan tiap kali anak saya sudah mulai panas. Saya tak mau terjadi anak kejang hanya karena panasnya yang tinggi. Kejang itu akan mengakibatkan “stuip”. Setelah minum “tempra”, suhu anak pun turun. Ini membuktikan bahwa Tempra Cepat menurunkan Demam.  Pertolongan yang pertama ini sangat melegakan hati  saya karena Tempra yang mengandung Paracetamol itu bekerja langsung di pusat panas dan tak menimbulkan iritasi pada lambung.  Namun, saya yakin bahwa akar sakitnya belum sembuh. Untuk menyembuhkan gejala sakit anak, saya pun datang ke dokter. Dokter memeriksa dengan teliti. Diagnosanya adalah radang tenggorokan. Diberikan resep untuk membeli obat-obatan sesuai dengan diagnosanya. Saya pun pergi ke apotik . Dengan obat yang dibeli dan dokter juga mengatakan bahwa boleh diminum Tempra yang dipercaya dan direkomendasikan untuk menurunkan panas.   Anak saya pun sembuh dalam beberapa hari setelah itu. 


www.pixabay.com

Awalnya, saya masih agak ragu-ragu untuk tetap melanjutkan rencana untuk piknik. Anak saya sebaliknya, dia justru ingin sekali piknik. Saya pun bersiasat agar kondisi badan anak fit pada saat kami akan pergi. Saya jaga stamina anak dengan vitamin dan berbagai macam makanan bergizi. Mengingat semangat anak untuk pergi piknik masih membara, saya pun tak ragu-ragu untuk membuat rencana bagaimana agar anak tetap gembira saat nanti piknik.  Kondisi badan sudah membaik, tapi juga tips yang membuat anak tetap gembira selama perjalanan di piknik. 

Bawa Mainan Favorit Anak :

www.pixabay.com

Setiap anak pasti punya mainan favorit, baik itu barang soft toy seperti Teddy Bear maupun game boy atau selimut favoritnya. Nach, kita sebagai orangtua selalu membawa “barang favorit” anak baik dalam perjalanan ke manapun juga, baik yang dekat maupun yang jauh. Saya pun menyiapkan tas yang berisi mainan-mainan dan buku kesukaannya dan beberapa buku kosong dengan pensil warna untuk mewarnai. Permainan yang dibeli tak perlu dengan harga yang tinggi, cukup dengan harga terjangkau, tetapi mainan yang aman untuk anak dan tidak makan banyak tempat. Kita dapat menyembunyikan mainan dan buku baru itu, dan baru memberikannya saat dia mulai memperlihatkan tanda-tanda kebosanannya.

Perjalanan Naik Mobil:

www.pixabay.com

Jika Naik Mobil Perjalanan yang nyaman untuk naik mobil bagi anak adalah saat periode tidur anak-anak. Memastikan anak sudah makan sebelum berangkat dan pertu kenyang, Anak tetap terlelap walaupun gonjangan mobil ada karena kondisinya sudah mengejangkan tidak terganggu. Membiasakan anak agar duduk di car seat dengan menggunakan seat belt, baik dalam perjalanan panjang manpun pendek. Dengan kondisi ini anak dapat duduk dengan tentang dan tidak banyak bergerak dan aman, kita sebagai orangtua pun merasa nyaman jika anak duduk tenang.. Pastikan sinar matahari tidak bersinar dengan teriknya di bagian tempat anak-anak Anda duduk. Atur posisi tempat duduk anak agar mereka berada di bagian yang teduh. Gunakan sun shade juga bisa membantu menahan sinar terik mentari. Saat di dalam mobil , untuk anak-anak usia balita biasanya senang kegiatan sederhana yang melibatkan mereka, seperti bernyanyi bersama atau mendengarkan kaset maupun CD yang berisi cerita-cerita seru. Bagi orang dewasa, lebih menyukai tidak berhenti agar perjalanan cepat berakhir. Namun anak-anak Anda pasti berpikiran lain. They'll be sick of being stuck in the car for hours and will soon make their displeasure known! Mencari tempat untuk pemberhentian untuk sejenak menghilangkan kelelahan dan mengembalikan energi Anda sendiri. 

Perjalanan dengan Pesawat:

www.pixabay.com

Sebelum terbang, tanyakan fasilitas yang tersedia bagi anak-anak Anda pada maskapai penerbangan. Juga untuk hidangan khusus anak-anak, permainan yang cocok dan prioritas untuk ditempatkan di aisle-side seats. Perubahan tekanan dalam kabin kerap menyebabkan ketidaknyamanan pada kuping anak-anak Anda. Pastikan mereka mengulum permen atau mengunyah makanan kecil lainnya saat take-off dan landing. 

Berpesiar dengan Kapal Laut:

 
www.pixabay.com

 Jika kita akan berpersiar dengan kapal laut, sebaiknya setelah boarding, lakukan survey tempat-tempat yang aman dan tidak aman bagi anak-anak selama berada di kapal. Sedangkan jika naik kapal kecil, anak-anak harus selalu berada dalam jangkauan Anda. Awasi mereka sebaik-baiknya agar tidak terjatuh dari kapal. Jangan lupa mengenakan topi dan mengoleskan sun block pada anak-anak Anda. Lindungi pula mereka dari angin dengan memakaikan jaket atau sweater 




Tempra Andalan Obat Panas Anakku:

Ada 4 keunggulan dari Tempra produksi dari Taisho yang membuat saya memilihnya sebagai obat panas untuk anak saya. 
Keempat unggulan itu adalah:

  •  Aman:

Ada gelas takar dengan dosis yang tepat di dalam kemasan. Ikuti petunjuknya atau ikuti  resep dokter yang mencantumkan berapa yang harus dikonsumsi anak sesuai dengan usianya.
Dibawah 2 tahun   :  sesuai petunjuk dokter 
2-3 tahun              :   5    ml
4-5 tahun              :   7.5 ml
6-8 tahun              :   10  ml
Diatas 12 tahun     :   10  ml- 12.5 ml

  •  Pereda nyeri dan Penurun Panas
Panas biasanya disertai dengan nyeri  di kepala . Untuk pereda nyeri  dan sakit dan pereda panas, Tempra mengandung  paracetamol yang bekerja  sebagai anti piretika dan analgetik untuk pengaturan otak dan mengurangi rasa sakitnya.    
  • Pilihan  Rasa yang disukai oleh Anak
Jika anak disuruh minum obat, biasanya langsung tutup mulutnya.  Dalam benak anak, tentu obat itu rasanya pahit, ngga enak .   Namun,  Tempra punya cita rasa yang disukai anak-anak.   Ketika anak saya mencium aroma anggur di usianya 2 tahun, dia ingin mencobanya tanpa dipaksa lagi.
Tempra drop  :    rasa anggur
Tempra Syrup :   rasa anggur
Tempra Forte :    rasa jeruk

  • Sesuai dengan usia anak
Berbagai macam pilihan yang disesuaikan dengan usia anak sehingga saya tak bingung lagi jika membutuhkan saat anak sudah beranjak makin besar.  Tak perlu khawatir untuk overdosis karena ada petunjuk untuk memberikan sesuai takaran .
Usia   0-1 tahun  :    Tempra Drops
Usia   1-6 tahun  :    Tempra Syrup
Usia   6-12 tahun:    Tempra Forte


Berpesiar dengan Menyediakan Obat-obatan dan Tempra:


Penting bagi kita sebagai orangtua menyiapkan obat-obatan anak yang biasanya diderita oleh anak jika anak melakukan perjalanan jauh seperti flu, panas ,batuk, pilek dan diare. Obat panas adalah yang terpenting karena dalam perjalanan kita tak mungkin menemukan dokter untuk meredakan panas anak. Satu-satunya cara yang paling aman adalah dengan TEMPRA. Cara aman dan cepat agar panas anak dapat turun dan setelah itu anak dapat dibawa ke dokter jika belum sembuh juga.