Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

24 Juli 2016

Upaya Menekan Kematian Calon Bunda dan Calon Bayi dengan SMSbunda:

www.inatanaya.com

Inginkah kita melahirkan dengan sehat dan memiliki bayi yang sehat? Semua pasti menjawab “YA”. Tak ada seorang pun dari para calon ibu yang tidak mendambakan kehamilannya lancar, sehat dan tak ada kelainan. Demikian juga pada saat kelahiran tidak terjadi komplikasi, masalah kelahiran, dan calon bayi pun lahir dan tumbuh kembang dengan sangat sehat. 

Namun, ini semua sangat tidak mudah jika tidak dilakukan tanpa persiapan dan pengetahuan yang matang.  Saya mengingat kembali saat saya hamil 22 tahun yang lalu dimana  usia saya adalah usia yang tak ideal untuk kehamilan. Ditambah lagi , saya hanya hidup berdua dengan suami di metropolitan tanpa orangtua maupun saudara  dekat saya.  Dokter dan literatur mengatakan bahwa kehamilan saya adalah risiko besar karena usia saya yang boleh dikatakan suatu usia yang tak ideal untuk pertama kali kehamilan.. Satu-satunya informasi yang membantu untuk mengetahui seluk beluk tentang kehamilan adalah membeli buku dan membacanya. 

Untuk kesempatan berkomunikasi dengan dokter genokolog, kesempatan itu pun sangat terbatas. Tidak dapat  mudah mendapatkan informasi yang sangat detail mulai dari A sampai Z.  Bertemu dengan dokter hanya  cukup bertanya tentang kondisi dan keluhan kehamilan jika ada.

Pada saat usia kehamilan masuk ke-7 bulan, dokter mengindikasikan  bahwa ada myoma dalam kandungan saya. Jika myoma masih dalam posisi yang sama di saat kelahiran, maka operasi pun harus disiapkan karena myoma itu nantinya akan menghalangi jalannya kelahiran bayi. Mendengar kata “operasi caesar” rasanya jantung saya sudah deg-degan. Bingung dan tidak mengerti bagaimana caranya untuk mempersiapkannya?

 Jika dibandingkan populasi di Indonesia yang telah  mencapai 255 juta penduduk dengan luas pulau yang terdiri dari 17,500 kepulauan, ternyata jumlah angka kematian ibu yang melahirkan cukup tinggi yaitu 9,600 karena komplikasi dan 66,000 bayi yang meninggal di usia 6 bulan- 28 bulan. Meskipun usaha untuk penanganan dalam pengurangan kematian ibu dan anak yang dilahirkan telah dilakukan sejak tahun 2002 , tetap saja angka kematian ibu yang melahirkan dan bayi itu masih tinggi. Anak kematian di atas mempresentasikan 60% dari total keseluruhan kematian bayi 

Kasus di atas menjadi pusat perhatian yang sangat besar dari Pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan. Kementrian Kesehatan bekerja sama dengan Jhpiego (An affiliate of Johns Hopkins University) didukung GE Foundation mengadakan pelayanan yang disebut dengan SMSbunda

SMSbunda adalah sebuah pelayanan SMS dengan mengirimkan informasi kepada ibu langsung ke telpon gengamnya. Informasi yang diberikan tentang praktek perawatan kesehatan, tanda bayi akan lahir , bayi yang baru lahir, juga perawatan dasar bayi yang baru lahir. Diharapkan dengan pengetahuan yang sangat intensif dan benar itu, para ibu hamil dapat mendapatkan informasi perawatan antenal ,kelahiran dan paska kelahiran dan terhindar dari kesulitan akses informasi jika terjadi kelainan atau komplikasi atau kesulitan penanganan bayi yang baru dilahirkan dan sebagainya.

 Manfaat SMSbunda :


  1. Para calon ibu yang akan melahirkan makin dilengkapi pengetahuan tentang bagaimana proses kelahiran yang sehat dan apa saja yang dipersiapkan baik bagi ibu maupun bayi.
  2.  Mengurangi tingkat kematian ibu yang melahirkan dan bayi yang dilahirkan.
  3.  Laporan SMS Bunda ini dapat dipakai sebagai parameter keselamatan dari pengguna calon ibu
  4. . Penggunaannya mudah sekali.
  5.  Terjangkau di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke 

Gampang, Mudah Cara Untuk Register SMSbunda: 


  1.  Tuliskan SMS Bunda dengan nomer 08118469468 
  2.  Masukkan tanggal ,bulan,tahun kelahiran bayi . Contoh: 01-08-2016 
  3.  Masukkan Nama Kota dan Kabupaten 
  4.  Otomatis Nomer SMS sudah terdaftar 

 Syarat-syaratnya untuk registrasi yang tidak mengikat itu adalah pendaftaran dilakukan kapan saja, selama kehamilan. Setelah pendaftaran, selama kehamilan akan menerima SMS Bunda secara teratur seputar tentang perawatan antenatal. Saya telah mencoba registrasi SMS Bunda dengan nomer 08118469468 dengan memasukkan data  seperti tercantum pada nomer 2 dan 3  di atas.
Register   dan   Informasi

 Langsung, saya mendapatkan informasi dari SMS Bunda . Di bulan terakhir kehamilan, akan dikirimkan informasi kesehatan ibu dan bayi yang akan lahir. Nach, para calon ibu kenapa engga coba SMSbunda karena aksesnya gampang dan informasinya sangat bermanfaat sekali. Jika ingin lebih jelas lagi tentang SMS bunda, bisa akses ke web : http://smsbunda.or.id/ Atau social media yang lain twitter @SMSbunda fanpage SMSbunda dan instagram @smsbunda.

 Yuk sukseskan program Kurangi dan Tekan Kematian Ibu dan Anak dengan menggunakan SMSbunda.