Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

21 Juli 2016

Makna Sebuah Penghargaan

www.VeryBestQuotes.com


Alangkah bahagianya saya saat bekerja di sebuah perusahaan swasta asing yang memiliki sistem reward. Reward sistem ini sudah lama diterapkan di perusahaan dimana saya bekerja. Alasan Utama dari  perusahaan  mengaplikaskan reward sistem karena  perusahaan memiliki filosofi  “legacy dan prestige” yang jadi dasar dari pemberian penghargaan kepada karyawannya. 
www,inatanaya.com

Perusahaan ini telah sadar bahwa karyawan adalah aset yang berharga . Karyawan yang dianggap aset itu merupakan bagian dari pembentukan kualitas kerja yang yang tinggi , perhatian atas hubungan kerja antar karyawan dan role model bagi  karyawan yang lain. Kaget bercampur senang membaca misi perusahaan bahwa saya adalah aset dari perusahaan. Saya pun tak segan-segan bertekad besar  untuk memenuhi apa yang ditargetkan oleh perusahaan dengan sepenuh hati. 

Perusahaan akan mengevaluasi kinerja saya setiap tahunnya yang disebut dengan Performance Review. Apakah saya dibawah, cukup atau sedang memenuhi target? Atau Apakah saya melebih target? Performance review bersama dengan feedback dari kolega, klien, menjadi bagian yang terpisahkan atau integral dari sebuah penghargaan. 

Secara umum, penghargaan bermakna cukup luas, baik berupa ucapan terima kasih, perhatian, dan pemberian sertifikat, maupun dalam bentuk materi. Saat  kualitas pekerjaan saya dianggap sebagai “Exceed service” atau pelayanan melebih ekspetasi atau prima, maka saya pun mendapatkan penghargaan. Penghargaan atas kinerja dari suatu performa yang sangat extra merupakan gabungan antara faktor-faktor eksternal dan kerja inti saya. Diperlukan dedikasi dan komitmen dan kinerja tinggi.

Akhirnya, semua usaha itu tak pernah sia-sia, berbuah manis pada saat saya mengerahkan usaha dan kerja yang baik. Perusahaan memberikan penghargaan pada saat saya menyelesaikan tugas saya. Penghargaan berbentuk certificate penghargaan dan ucapan terima kasih dari CEO dan hadiah berupa voucher. 


Mengapa perusahaan menganggap penting memberikan penghargaan? 


Survei telah membuktikan dan mempelajari bahwa perusahaan-perusahaan menemukan  adanya penghargaan memotivasi  pekerja /karyawan yang jadi titik sentral dari kemajuan dan perkembangan perusahaan. Perusahaan dapat berkembang apabila karyawannya merasa puas, dihargai dan dapat mengembangkan karirnya. Alasan lain yang jadi pertimbangan adalah: 

Turn over rate: 
Banyaknya karyawan yang keluar masuk, apalagi jika karyawan itu adalah karyawan potensial maka kerugian akan terjadi pada perusahaan. Perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk training karyawan baru dan perlu waktu bagi karyawan baru  untuk menguasai sebuah pekerjaan yang ditinggalkan. 

Productivity: 
Penghargaan dapat mengangkat atau membuat produktivitas karyawan meningkat. Ini sudah dibuktikan dengan jelas ketika karyawan yang mendapatkan penghargaan  hasil pekerjaan akan jauh lebih meningkat baik dari segi mutu maupun volume.

 Bird of a Feather:

 Karyawan yang tidak puas dengan apa yang digariskan oleh perusahaan, menjadi orang yang dengan mudah menyebarkan isu tak baik bagi karyawan yang lainnya. Sebuah penghargaan kepada karyawan terbaik , tidak memudahkan  menggoyangkan  isu yang tak benar.

Esteem booster: Penghargaan merupakan alat yang ampuh untuk menunjang motivasi karyawan untuk mengangkat dedikasi dan komitmennya untuk berkontribusi dengan kinerja terbaiknya, menciptakan role model dan bahkan tanpa biaya untuk usaha-usaha tersebut. 
www.inatanaya.com

Penghargaan bukan hanya sekedar kepada karyawan oleh perusahaan tetapi penghargaan juga diberikan  kepada teman yang akan menikah, promosi pekerjaan, melahirkan, kelulusan sarjana, ulang tahun. Hal ini ternyata  telah ditengarai oleh sebuah perusahaan bernama Sodexo. Sodexo, memiliki keyakinan bahwa penghargaan memegang peran penting dalam setiap kehidupan manusia atas pencapaiannya dan prestasinya. 

Melengkapi sebuah penghargaan tentunya tak lepas dari sebuah pemberian penghargaan dalam bentuk dana atau voucher Sodexo  dapat dibelikan sesuai dengan kebutuhan dari penerimanya .

Voucher Sodexo dapat dengan mudah ditukarkan dengan barang yang dibutuhkan karena Sodexo Gift Pass merupakan "Indonesia's No. 1 Gift Voucher", diterima di 14,000 outlets seluruh pelosok Indonesia, supermarket, pusat perbelanjaan, toko buku, toko baju, spa, salon kecantikan, restoran. 

Ngga usah khawatir bagaimana menggunakannya, sangat flexible,aman, mudah:
  • Lihat Logo Sodexo di Toko, Jika tak jelas hubungi Manajer toko atau hubungi (021) 7891600 .
  • Simpan baik voucher Sodexo Gift Pass milik Anda. Jangan disteples, dilipat atau disobek untuk menghindari penolakan transaksi.
  • Gantilah  Voucher Sodexo Gift Pass yang hilang dan sudah habis masa berlakunya.
  •  Penggantian tidak akan diberikan untuk transaksi yang kurang dari nilai Pass/es.
  •  Passes tidak dapat dikonversi menjadi uang tunai.
  •  Sodexo tidak bertanggung jawab atas klaim apapun untuk setiap transaksi yang dilakukan di toko

 Khusus bagi mereka yang tertarik soal penghargaan, pasti ingin menemukan lebih rinci tentang produk yang dikeluarkan oleh Sodexo:
  1.  Sodexo Gift Pass
  2. Sodexo Promo Pass
  3. Sodexo e Pass
  4. Sodexo Food Pass
  5.  Sodexo Discount Pass
  6.  Sodexo Reward Pass
  7. Sodexo Loyalty program 

Yang pengin ikutan berperan dalam penghargaan dalam program Merchant Sodexo. Mudah juga kok caranya, bisa langsung hubungi kepada Sodexo dan langsung kirim persyaratan.
Pelajaran yang  penting dari sebuah penghargaan kepada teman, karyawan maupun siapa pun, tak selalu dalam bentuk  materi yang mahal dan hebat, yang penting adalah sebuah penghargaan yang berkualitas tinggi sesuai dengan kebutuhan dari orang yang kita hargai dan atensi kepada orang yang telah bekerja maupun yang dekat dengan kita.

Indahnya sebuah penghargaan dengan Sodexo Gift Pass bermakna  kualitas kehidupan manusia yang dihargai membuat mereka sangat bersyukur dan berbahagia dalam kehidupan selanjutnya.

Tulisan ini diikut-sertakan dalam lomba Blog Contest Sodexo: