Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 Mei 2016

[Investasi] Kenali Unitlink Lebih Dalam untuk Investasi atau Perlindungan

 
Unitlink.investment

Produk unitlink biasanya dijual  oleh perusahaan asuransi. Maraknya penawaran Unitlink oleh perusahaan asuransi membuat konsumen bingung . Agen dari asuransi menjelaskan dari sisi keuntungan bagi perusahaan asuransi, bukan dari keuntungan pembeli unitlink. Mari kita bedah apa dan bagaimana Unitlink.

Unitlink ini berbeda dengan reksadana. Unitlink adalah kombinasi antara investasi dan perlindungan. Berapa persen investasi dan berapa persen perlindungannya tentu harus dipelajari secara mendetail. Kebutuhan dari masing-masing individu juga berbeda, ada yang membutuhkan investasi lebih besar dari perlindungannya (karena faktor umur masih muda) atau ada pula yang membutuhkan perlindungan lebih besar dari investasinya (karena faktor umur usia lanjut) dan sudah memiliki dana investasi tersendiri.

Sebelum menentukan unitlink yang dibutuhkan, pelajari dulu jenis-jenis yang ditawarkan dalam berinvestasi unitlink: 

Jenis unit link sebagai berikut:

  1.   Cash Fund Unit Link atau unit link pasar uang. Biasanya, perusahaan asuransi penerbit unit link jenis ini menempatkan portofolio investasi nasabahnya 100% pada instrumen pasar uang, seperti deposito berjangka, SBI, dan surat utang jangka pendek. 
  2.  Fixed Income Unit Link atau unit link pendapatan tetap. Komposisi dana investasi nasabah akan difokuskan minimal 80% di instrumen obligasi.
  3.  Managed Unit Link atau unit link pendapatan campuran, yang biasanya menempatkan portfolio pada saham dan obligasi dengan komposisi tertentu.
  4.  Equity Unit Link atau unit link dana saham, yang menempatkan dana nasabah pada saham minimal 80%. 

Keuntungan Unitlink:


www.inatanaya.com
Tentunya setiap investasi ada faktor untung dan ruginya. Keuntungan unitlink yang menempel pada produk asuransi adalah sebagai berikut: 
  1. Uang  premi sebagai nilai polis tidak hangus, sehingga kelak bisa diambil. Nilai ini bisa dicarikan misalnya untuk dana pendidikan dan dana pensiun.
  2.  Asuransi jiwa berlaku seumur hidup (sampai berumur 75, 80, atau 100 tahun, tergantung perusahaan asuransi). Ini lebih lama ketimbang asuransi jiwa murni.
  3.  Hanya bayar premi asuransi tapi mendapat manfaat investasi.
  4.  Tak perlu repot mengurusi investasi karena sudah ada perusahaan asuransi yang menanganinya.
  5.  Menawarkan rider atau asuransi tambahan, jadi tak perlu mencari asuransi pelengkap karena semuanya sudah komplet di unit link. Di antaranya rawat inap di rumah sakit, kecelakaan, kritis, dan cacat total. 


Kerugian Unitlink: 


www.inatanaya.com
Sebelum memutuskan untuk mengambil unitlink, pelajari kerugian dari produk ini agar kita tidak terjebak dengan produk yang belum kita pahami . Berikut adalah kerugian dari unitlink:

  1.  Manfaat investasi tak maksimal karena fokus utama unit link adalah proteksi.
  2.  Premi asuransinya lebih mahal ketimbang asuransi jiwa murni.
  3.  Tak ada jaminan keuntungan dalam hasil investasi. Artinya, bisa saja investasi dari duit premi nasabah malah tidak mendatangkan laba. 
  4.  Nilai proteksinya lebih kecil dibanding asuransi jiwa murni.

 Nach, setelah mengetahui gambaran apa itu Unitlink, pelbagai jenisnya , keuntungan dan kerugiannya, kita dapat memilih dan memutuskan dengan lebih tepat, cepat saat kita membutuhkannya.

 Ada kalanya, kita masih perlu ilustrasi dari tren naik/turunnya investasi dari unitlink yang akan kita beli. Ini dapat ditanyakan kepada agen asuransi atau kepada cekaja.com . Namun, pemberian ilustrasi ini bukan berarti hasil investasi  akan persis seperti yang digambarkan. Namanya ilustrasi, hanya untuk mempermudah gambaran, tapi bukan jaminan akan terjadi sesuai dengan apa yang dibuat.

 Selamat berinvestasi Unitlink! Tulisan ini dibuat dalam rangka ikut serta dalam rangka kontes menulis cekaja.



NgeBLOGMe

Sumber referensi:  Simak Dulu Keuntungan-Kerugian Unitlink Sebelum Beli Polisnya