Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

26 Februari 2016

Transformasi Tabloid Nova kutemukan saat “NGOPI Bareng Nova”

Ngopi Barang Nova/dokumen pribadi

Sore itu aku sedang browsing di timeline facebookku. Aku terkejut ada undangan dari Nova untuk blogger ikut serta dalam “Workshop Fotography”. Begitu membaca topik yang dibawakan, langsung hatiku sangat tertarik. Dua topik yang sangat kuinginkan dan kubutuhkan yaitu “Cerdas Menjadi Ibu & Blogger berbayar, Why Not”oleh Annisa Steviani, blogger dan “Maksimumkan Blog kamu dengan Foto yang Cantik” oleh Romy Palar, Redaktur Foto Nova. 

Kebutuhanku untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan kedua topik itu menyebabkan aku cepat mendaftar. Persisnya tanggal 15 Februari 2016, aku sudah langsung tercatat sebagai peserta untuk workshop. Pada saat mendaftar aku tak membaca dengan teliti bahwa w
“NOVAVERSARY”, (maklum aku sudah terpana dan terpaku dengan topik yang sangat kudambakan). Ingatanku dan imageku adalah Tabloid Nova itu masih seperti tabloid yang dicetak dengan kertas seperti koran dan foto-fotonya kurang menarik dan topiknya hanya bercerita soal keluarga perempuan tanpa ada pengetahuan umum lainnya.

Ketika hari H tiba, 26 Februari 2016, aku telah sampai di di Birdcage Parc Rest, Jl.Wiajaya 9 No.23 pada pukul 13.45. Setelah mendaftar,  aku mendapat formulir survei, formulir untuk Klub Nova, serta beberapa brosur. Aku langsung mencari tempat duduk terdepan. Kutengok ke kanan ke kiri, ternyata beberapa teman blogger yang kukenal sudah ada di sana. Sambil menunggu acara dimulai, aku pun berbicara dengan teman blogger .
Penulis/ dokumen pribadi
 “Mbak apakah sudah sering baca Tabloid Nova? “ tanyaku penasaran.

“Iya, sudahlah, pembahasannya sangat lengkap mulai dari keluarga, hobi, sharing, campaign, parenting,kesehatan, gaya hidup”, kata teman sebelahku. 

“Bukannya Tabloid Nova itu masih seperti dulu, covernya dan isinya hanya sekedar tentang keluarga tanpa ada pengetahuan apa-apa”, kataku. 

“Wah, mbak kok ketinggalan zaman yach. Sudah 28 tahun Nova itu ada dan saatnya untuk transformasi dong sekarang. Coba Mbak buktikan beli dech !” katanya.

Sambil memikirkan apa benar yang dikatakan teman bloggerku itu. Aku masih penasaran isi dan penampilan   Tabloid Nova sebelum aku berlangganan. Dengan pertanyaan masih di kepala, aku juga baru sadar bahwa workshop ini diadakan secara khusus oleh Tabloid Nova dalam rangka UlangTahun ke-28. Wah, kok jadi “tell me”, ketinggalan berita , ketinggalan update event Nova

Acara yang sangat dinantikan pun dimulai. Dengan MC. Pak Budi (maaf beliau hanya memperkenalakan sebagai Budi saja) yang sangat kocak dan interaktif, menyapa audience. Sekali lagi saya baru sadar setelah Mas Budi mengatakan workshop ini adalah ulang tahun Nova ke-28. Wah, aku baru percaya dech. Kuis pun dilayangkan kapan persisnya ulangtahun Nova ke-28. Ada yang menjawab salah, yang tepat adalah tanggal 25 Februari 2016. Kami semua tertawa lepas karena ternyata tidak semua blogger mengetahui ulangtahun Tabloid Nova

Perkenalan pertama dengan Ibu Iis R. Soeleman, Editor in Chief Nova, baru terbukalah pikiranku bahwa Tabloid Nova itu adalah tabloid yang sudah malang melintang selama 28 tahun dengan jatuh bangun untuk memenuhi kebutuhan dan menghadirkan yang terbaik, terlengkap, terbesar kepada audience. Agar tetap bisa survive, moto dan tips para manajemen adalah mengesampingkan keinginan dari pihak pengelola dalam hal ini orang yang dibelakang layar dari Tabloid Nova.

Dijelaskan juga bahwa Tabloid Nova adalah sebagai sahabat perempuan dan inspirasi keluarga. Semua yang disajikan seperti resep makanan, selalu harus dicoba terlebih dulu di dapur Tabloid Nova dan setelah hasil uji itu terbukti benar-benar enak, barulah dituliskan di Tabloid Nova. Bukan hanya resep, materi yang perlu diuji seperti pengetahuan tentang cerita atau pengalaman seseorang, perlu dichek faktanya dulu dengan nara sumber. Setelah diuji dan dichek kebenarannya, barulah dituliskan. Tidak mau ketinggalan dengan dunia digital, Tabloid Nova pun telah ikut berkiprah di media sosial seperti youtube: TABLOID NOVA CHANNEL, Facebook:  www.tabloidnova.com twitter:  @tabloidnova.   Mataku sekarang terbuka alangkah hebatnya isi Tabloid Nova itu, hanya aku masih belum melihat wujud nyata Tabloid Nova itu. 
Ibu Iis R. Soeleman/Dokumen Pribadi

Acara yang dinantikan tiba, Mbak Annisa Steviani, mempresentasikan kenapa kita harus ngblog baik dari sisi penulis maupun pembaca, kenapa brand tertarik dengan blog kita, bagaimana tehnik posting, apa keunikan blog kita, memaksimalkan sosial media sebagai sarana untuk branding, dan rajin share, penghasilan dari blog, dan tips dari blogging. Konsisten adalah kuncinya. Banyak pertanyaan dilayangkan karena kami diberikan kesempatan. Salah satunya dari saya tentang potentially viral content. Nach ini satu pengalaman baru bagi saya cara bagaimana agar konten blog kita bisa “”berviral”.

Tips yang sangat bermanfaat bagi saya tentang blogging:
  • Jangan Blogging hanya untuk dapat uang.
  • Ikut komunitas blogger dan aktif.
  • Ikut  Lomba Blogger untuk upgrade diri.
  • Buat hubungan baik dengan klien.
  • Jangan blogging sebagai "sampingan".
  • Jangan serakah.
Annisa Steviani/ Dokumen pribadi

MC Pak Budi memberikan kesempatan kepada kita semua untuk ikut lomba-lomba tweet, selfie melalui twitter maupun facebook. Setelah itu acara pun dilanjutkan dengan mengundang seluruh jajaran manajemen Tabloid Nova untuk maju ke depan , sambil salah seorang diantara mereka membawa kue ulang tahun. Lilin pun dinyalakan, lalu kami semua menyanyi, dan akhirnya seluruh manjemen Tabloid Tova pun meniup lilin secara serentak. 

Kembali, Mc Pak Budi mengundang Pak Romy Palar untuk memberikan sesi pemaparan tentang fotography. Untuk memperjelas penjelasan trik dan cara fotografy, disajikan beberapa makanan yang sangat rapi, indah dan menawan penyajiannya . Pak Romy menjelaskan bahwa jenis foto adalah food & product, fashion & beauty, travel photography. Tiap jenis foto memiliki cara yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Contohnya untuk foto travel, harus ada tekad atau niat artinya jika ingin ambil “sunrise”, harus mau bangun sangat pagi jam 4.00 dan menantikan momen tepat dan mengabadikannya., memperkaya wawasan, peralatan yang tepat dan praktis, maksimalkan waktu traveling, cari objek foto yang menarik di tempat yang dikunjungi.

Cara mengedit ada dua cara yaitu:
1. Aplikasi (gadget ) :
    -   VSCO, Snapseed
2. Komputer
    -    Photoshop
Romy Palar/  Dokumen Pribadi


Belajar Foto "Food" / Dokumen pribadi

Last not but least, MC Pak Budi memberikan pengarahan tentang adanya dua lomba yaitu Nova dan Softex daun Sirih. Pengumuman pemenang dari lomba Twit, selfie, dan door prize. Bagi penanya dari tiap sesi pun mendapat hadiah . Ada hadiah yang sangat istimewa bagi semua peserta yaitu Kartu "Klub Nova" bagi semua peserta dibagikan secara gratis dengan banyak kemudahan dan aneka manfaatnya.

Segudang hadiah dan kenang-kenangan masih ditambah dengan goody bags dari Tabloid Nova maupun Softex daun Sirih menjadi kenang-kenangan kami. Tak lupa di akhir acara kami diajak makan malam bersama. 
Pemenang Lomba Selfie /  Dokumen Pribadi
Pemenang Door Prize/dokumen pribadi

Nach, serunya saat pulang saat saya membongkar goody bag dari Tabloid Nova, saya menemukan Tabloid Nova edisi Ulang Tahun. Alangkah surprisenya, saya melihat penampilan Tabloid Nova memang sangat berbeda dengan apa yang saya bayangkan. Membaca isinya saya lebih surprise, pengetahuan terbaru tentang parenting (kesukaan saya) “Anak tidak mendapat hadiah di hari Ulang tahun” dan Natural & Chic Birthday Party , merupakan artikel yang sangat inspiratif dan indah bagi saya, disajikan dengan bagus ulasannya dan fotonya luar biasa unik dan indah serta sangat menarik sekali. 
Hadiah Edisi Ultah Tabloid Nova :  artikel yang kusukai


Goody bags dari T. Nova & Softex / dokumen pribadi
Untuk mengakhiri posting ini, saya sebagai pribadi, dan calon pembaca Tabloid Nova, ingin menyampaikan selamat Ulang Tahun Tabloid Nova , semoga kerja keras dan menjadikan tabloid Nova sebagai tabloid keluarga yang inspiratif di seluruh Indonesia dan teman /sahabat setia bagi wanita Indonesia.