Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

18 September 2015

“Be Creative and Talented Blogger”

Tuntutan seorang blogger ternyata bukan hanya bisa menulis saja. Kepiawaian menulis tidak menjamin suatu blog menarik bagi pembacanya. Ini sudah saya buktikan kenapa blog saya sepi sekali pengunjung. Ikut lomba pun tak pernah menyangkut jadi juara (mengharap sekali). Mengevaluasi berbagai macam kendala sepinya pengunjung dan , mulai dari teknik tulisan sampai kepada teknik penunjang tulisan. 

Tulisan sudah dibuat sedemikian menarik, baik itu topik hingga isinya. Mempelajari dari berbagai narasumber cara menulis yang kreatif maupun cara menulis yang menarik. Topik yang populer dan disukai atau sedang trend di saat ini. 

Demikian juga isinya dibuat mudah , gampang dicerna, enak dibaca dan isinya penyampaian yang penuh makna. Namun, gaya penulisan dan isi penulisan tidak cukup, ada kebutuhan atau penunjang lain agar tulisan lebih menarik bagi pembacanya. 

Foto-foto yang sedemikian bagusnya akan melengkapi tulisan . Apalagi foto dapat memvisualisasi dari isi tulisan yang disajikan. Pembacanya langsung menangkap apa yang ada dalam tulisan, dengan membaca gambar yang menarik. Bantuan itu sangat besar manfaatnya. Perlengkapan lain, yaitu video, menambah kemampuan pembaca mengerti proses panjang dari tulisan menjadi lebih mudah dicerna karena lengkap visualisasi dari melihat sampai verbal disampaikan dalam video.

 Ternyata, ada tantangan dari Emak Gaoel untuk mendokumentasikan aplikasi apa saja yang saya pakai dalam penyampaian tulisan saya. Go for it, suatu wujud dari “ To be a creative and talented blogger” dalam segala keterbatasan alat smartphone yang dimiliki. 

Persiapan materi tulisan ini saya bagi dalam empat tahap.

 Tahap I: Akses applikasi operating komputer
 Tahap II: Akses aplikasi microsoft word 
Tahap III: Akses aplikasi foto-foto 
Tahap IV : Akses aplikasi youtube

 Tahap I :
  • Berbekal dengan personal komputer, awalnya, saya nyalakan PC
  • Mencari aplikasi Chrome dan klik tombol itu
  • Personal komputer saya bekerja sesuai dengan perintahnya.
dokumen pribadi

 Tahap II: 
  • Mencari aplikasi Microsoft word
  • Mengklik tombol dari aplikasi
  • Menuangkan ide dalam tulisan. 
dokumen pribadi

Tahap III
  • Berbekal dengan smartfren saya membuat foto-foto
  • Menyimpannya dalam file di komputer
  • Membuka aplikasi pixlr editor
  • Mengedit foto-foto itu menjadi suatu rangkaian foto yang bermakna 
dokumen pribadi

Tahap IV
  • Mencari aplikasi youtube Mengupload foto-foto yang akan saya buat sebagai video
  • Save semua apa yang telah saya kerjakan
  • Mengedit kembali hasil video yang belum sempurna
  • Menyimpannya sebagai video yang tersimpan di youtube.
dokumen pribadi

Sekarang terlihat dan terasa berbeda sekali, sebuah tulisan disertai dengan foto maupun video. Perbedaan nyata, kualitas tulisan pun menjadi lebih segar dan penuh makna ketika semuanya dilengkapi dengan foto dan video sebagai penunjang. 




 


Melancarkan Arus informasi dalam bekerja, ternyata perlu sekali mengakses dan memiliki account di aplikasi yang trend dan terupdate yaitu Slack & Yammer.  Saya sangat merasakan manfaat Slack & Yammer untuk membantu  proses efisiensi proses berdiskusi dengan teman dalam pekerjaan. Sayangnya , belum coba di gadget karena terbatasnya gadget yang saya miliki.
slack aplikasi

yammer application

Memaknai proses dokumentasi dari suatu pekerjaan pun ternyata banyak aplikasi yang sebenarnya masih banyak yang dapat digunakan baik itu di Smartfren Andromax 4G Lte maupun di personal komputer. Menjadi creative dan talented blogger, sekarang harus dibuktikan dengan belajar aplikasi itu dan menerapkan dalam blog itu menjadi suatu full lively social media. 

Go for it, menantang saya dan mewujudkannya dalam sebuah penulisan ini.
Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan dalam Lomba Blog  "Go For It" 

Go For It Blog Competition