Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

31 Agustus 2015

Pesona Toba yang Sangat Menawan

Danau Toba, Dokumen Pribadi


Liburan bersama dengan keluarga bukanlah suatu yang mustahil.  Namun, perlu persiapan matang untuk merencanakan dan menyiapkannya.  Masing-masing, anak, suami punya jadwal kegiatan yang berbeda satu sama lain.
Namun, keinginan kuat kami untuk berlibur ke Medan dan Toba karena alasan pertama adalah kami belum pernah mengunjungi mertua dan alasan kedua kekaguman Toba harus kami rasakan dan alami sendiri.

Rencana kami segera kami realisasikan. Awalnya sempat bingung untuk mencari  travel agent yang mengadakan paket tour ke Toba.  Begitu banyak travel agent.  Seleksi ketat pun dikerjakan.  Pilihan untuk travel agent yang menurut kami cukup handal.  Tinggal reservasi pesawat yang kami lakukan.  Mengingat liburan sudah dekat, kami harus cepat pesan.  Pesawat yang kami pesan adalah Garuda.  Keamanan dan kenyaman menjadi prioritas kami.

Nach, 28 Desember 2011 adalah saat keberangkatan kami ke Medan.  Tiba di Polonia, kami mendapat surprise sudah dijemput langsung oleh  tour guide  di pintu gerbang .
Dengan lancarnya, tour guide memperkenal diri dan memberikan jadwal  tour secara lisan kepada kami.
Perjalanan pun dimulai dengan mobil yang empuk :

Dari Medan menuju Toba melalui beberapa kota seperti Lubuk Pakam, Siantar.  Pemandangan perkebunan kelapa sawit menghijau dapat kita nikmati.  Berbagai cerita dari tour leader, bagaimana banyak orang Indonesia pada zaman Belanda dipekerjakan sebagai buruh kelapa sawit. Bahkan, sampai sekarang, ketika kelapa sawit jadi komoditas utama dari perkebunan di Sumatera Utara.

Jalan kelak kelok, serta jurang dilalui ketika mendekati Danau Toba.  Melelahkan bagi kami yang langsung dari Jakarta, jarak tempuh dari Medan ke Toba, sekitar hampir 4 jam. Belum lagi licin jalan karena hujan yang mengguyur di bulan Desember.

Namun, kelelahan ini terbayar dengan keindahan Danau Toba yang sangat biru dan danaunya yang tenang.  Indahnya, dapat kami nikmati ketika berada di balkon hotel Niagara , sungguh menakjubkan alam , sebuah Danau terletak di pegunungan, menjulang terlihat pegunungan, dikelilingi  dengan berbagai hutan.

Saya sangat terpesona dengan keindahannya.  Esok harinya kami berangkat ke Pulau Samosir.  Di sini kami melihat adat , cara hidup dan sejarah  Batak Samosir dan raja-rajanya.  Sejarah dan adat lokal yang dilestarikan.
Museum, Dokumen pribadi

Pada malam harinya, kami hadir dalam Pesta Budaya nasional Batak.  Berbagai tarian lokal adat budaya Batak disuguhkan.  Kekayaan alam dan kekayaan adat menjadi suatu pesona yang tak habisnya dinikmati.
Festival Budaya Nasional Batak
Festival Budaya Batak

Tour Medan-Toba-Medan, 3 hari 2 malam, sungguh terlalu cepat. Hari terakhir kembali ke Medan, melalui Ngarai Sigura-gura nan indah dan kota Brastagi yang dingin, dengan pelbagai hasil pertanian.


Mari kita semua lestarikan Danau  Toba dan Taman Bumi Kaldera Toba sebagai warisan wisata budaya lokal yang sangat indah dan menawan.

Buat mereka yang ingin berlibur dengan tiket murah, tak perlu khawatir lagi, karena dengan mudah dapat booking pesawat melalui website ini: